Menjaga Kesehatan Mata Anak dengan Bermain dari Luar Ruangan

Aktivitas di Luar Ruangan

Aktivitas di Luar Ruangan momsbunkhouse

Ada sebuah hal menarik yang dapat menambah wawasan kita pada aktivitas tambahan yang dilakukan di Tiongkok. Anak sekolah dasar di negeri Tirai Bambu ini menambahkan kegiatan outdoor di sekolah selama 40 menit setiap harinya. Menariknya dalam studi ini ternyata hal tersebut berdampak positif bagi kesehatan mata, tepatnya dapat mengurangi resiko rabun jauh atau myopia.

Perlu diketahui bahwasanya di beberapa bagian dari negeri Tiongkok, menyebutkan bahwa 90% lulusan SMAnya memiliki rabun jauh. Menariknya data menyebutkan bahwa penderita rabun jauh di Tiongkok cenderung menurun, berbeda kasusnya dengan jumlah penderita rabun jauh di Eropa dan Timur Tengah.

Meski sebagian besar bukti yang diberikan berasal dari survey, bukan hubungan sebab akibat, namun beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa perlindungan diri dari kegiatan outdoor dapat meningkatkan terjadinya kasus myopia. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, dalam studi yang dilakukan Dr. Mingguang He of Sun Yat-sen University di Guangzhou ini telah mampu membuktikan kausalitas dan juga bukti kuat antara kegiatan luar ruangan dengan berkurangnya resiko terjadinya rabun jauh.

Studi ini melibatkan hampir 2000 anak yang rata-rata berusia 7 tahun. Peneliti membagi 12 sekolah dasar di Tiongkok dalam dua kelompok. Enam diantaranya melanjutkan jadwal kelas yang sudah ada, sementara enam yang lainnya diberi tambahan 40 menit untuk beraktivitas di luar ruangan. Kegiatan ini dilakukan setiap akhir jam sekolah. Selanjutnya orangtua di kelompok anak yang kedua juga didorong untuk melibatkan anak dengan kegiatan outdoor setiap akhir pekan.

Tiga tahun kemudian studi ini mendapatkan data yang cukup menarik. Hasil penelitian menyebutkan bahwasanya anak di kelompok kedua menunjukkan hasil yang lebih positif. Kasus rabun jauh pada kontrol terjadi sekitar 40%, sedangkan kasus rabub jauh anak dengan aktivitas tambahan di luar ruangan hanya menempati angka 30% saja. Ini berarti anak di kelompok kedua memiliki persentase kemungkinan terjadinya resiko rabun jauh 23% lebih kecil dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Aktivitas di Luar Ruangan

Aktivitas di Luar Ruangan oswegocountytoday

Namun demikian kegiatan di luar ruangan tetap memiliki potensi resiko bagi kesehatan kulit dan mata. Untuk meminimalisir potensi kerusakan kulit bisa dilakukan dnegan memakai produk perlindungan UV standar. Meski demikian, perlu dipahami bahwa efek yang ditimbulkan dari kegiatan outdoor mungkin tidak terlalu besar juga tidak bersifat permanen.

Baja juga:

Makanan yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Yuk Kenali Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Sekitar Mata!

Cara Tepat Menggunakan Obat Tetes Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.foxnews.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment