Menjadikan Cuci  Tangan Sebagai Gaya Hidup

| Posted : 19 Nov 2014 | Tips Sehat No comments
dari hctps2014.com

dari hctps2014.com

“Anak muda harus berada di garda terdepan dalam mengubah dunia dan berinovasi. Teberdayanya mereka menjadi kunci perubahan dan perdamaian. Kita wajib memastikan bahwa anak muda dunia memiliki kesempatan untuk berpartisipasi penuh di lingkungan tempat mereka tinggal”—Kofi Annan, Mantan Sekretaris Jenderal PBB

Pidato di atas mungkin bisa mengingatkan Anda betapa menjaga diri adalah hal yang sangat penting untuk hidup. Pernahkah Anda berpikir hanya dengan mencuci tangan sistim imun dalam tubuh Anda terjaga? Tidak menduga bukan bila ternyata dengan mencuci tangan saja kita sudah melaksanakan program kesehatan. Bakteri-bakteri jahat yang menempel pada tangan akan terlempar jauh  bahkan mati ketika kita cuci tangan menggunakan sabun. Dengan tidak terbawanya bakteri jahat masuk ke dalam tubuh, maka kerja bakteri baik dalam tubuh kita tetap stabil.

dari cariartikel.com

dari cariartikel.com

Tahukah Anda bahwa sembilan dari sepuluh orang tua mengatakan optimisme dan antusiasme anak menginspirasi mereka untuk menciptakan hidup yang lebih baik? Tujuh dari sepuluh orang tua mengatakan, motivasi mereka untuk hidup sehat adalah demi masa depan anak-anak. Kebiasaan mencuci tangan sebaiknya dijadikan gaya hidup Anda selamanya. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, kebiasaan mencuci tangan sangat baik untuk sistim imun pada tubuh.

Akan tetapi, bagaimana dengan anak-anak yang tinggal di daerah sanitasi yang kurang sehat? Mereka yang tinggal di kota padat penduduk, padat rumah, dan bahkan diantara mereka ada yang tinggal di bantaran sungai. Anda pasti bisa membayangkan bahwa kehidupan mereka bisa jadi jauh dari air bersih untuk mencuci tangan. Sanitasi di Indonesia yang kurang memadai kerap memupus mimpi anak akan masa depan yang lebih cerah. Ada banyak anak berusia antara 7-10 tahun yang tak memperhatikan kebersihan di kota-kota besar Indonesia.

Ada lebih dari 40 juta orang masih minim mendapatkan akses sumber air bersih dan lebih dari 110 juta penduduk tidak memiliki akses sanitasi yang baik. Akses sistem pembuangan air dan kotoran di area perkotaan hanya dua persen dan menjadikan Indonesia merupakan salah satu negara yang terendah di dunia dalam hal sanitasi. Sementara statistik dunia menunjukkan penyebab kematian ribuan anak di dunia adalah penyakit yang sesungguhnya dapat dihindari dengan mencuci tangan, dengan kondisi sanitasi yang layak, kebersihan lingkungan hidup, dan air minum bersih setiap harinya. Penyakit yang banyak timbul dalam kondisi sanitasi yang kurang baik ialah diare. Penyakit itulah yang telah merenggut nyawa ribuan anak Indonesia di daerah perkotaan yang buruk sanitasinya.

dari stbm-indonesia.org

dari stbm-indonesia.org

Padahal, dalam undang-undang ditegaskan bahwa kesehatan adalah hak setiap anak Indonesia. Kesehatan juga merupakan modal awal anak-anak untuk menggapai mimpinya. Kini, untuk memberikan impian itu kembali pada anak-anak yang harus melakukannya tidak hanya pemerintah. Akan tetapi, masyarakat, generasi muda saat ini, dan pemerintah harus terlibat bersama-sama dengan instansi-instansi yang peduli pada bidang kesehatan.

Perlu dilakukan tindakan nyata dalam menanamkan pemahaman kebersihan diri pada masyarakat khususnya anak-anak jalanan. Dengan diketahuinya fungsi kebersihan diri, tentu menjaga kesehatan akan menjadi prioritas atau gaya hidup. Mengajak seluruh lapisan masyarakat kota untuk turut berpartisipasi dapat meluruhkan sikap apatisme. Bukankah sikap tersebut dewasa ini selalu menjadi hambatan terbesar dalam setiap kebijakan? Kini waktunya melaksanakan program dengan melibatkan masyarakat untuk turut serta. Dengan meletakkan kepedulian masyarakat sebagai alasan utama dan membuat mereka sadar untuk berbuat sesuatu tentunya kita bisa melakukan perubahan. Dari buruk menjadi baik. Dari yang sudah baik menjadi semakin baik. Walaupun hal itu hanya dimulai dari mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, dan setelah melakukan aktifitas. Selamat menjaga kesehatan bersama-sama!

Artikel terkait:

Manfaat ruang terbuka hijau untuk kesehatan

Hidup sehat dengan mengatur pola makan

Mencicipi raw food, makanan sehat di ubud, Bali

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: kompas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment