Mengurangi Rasa Lapar Dengan Cara yang Sehat

photo from www.kevinmd.com

photo from www.kevinmd.com

Banyak orang yang memiliki masalah dengan proses penurunan berat badan atau diet karena tak bisa mengurangi rasa lapar. Padahal jika ada keniatan, sudah pasti dibukakan jalan dan tentunya harus mempunyai rasa kesadaran diri ketika ingin menjalankan diet. Ketika seseorang merasa lapar, maka ia cenderung mengunyah sesuatu yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat bisa menimbun lemak jahat dan bisa membahayakan kesehatan. Coba untuk mengurangi rasa lapar secara alami, agar terbiasa tak makan berlebihan secara alami.

BACA: Sudah Kenyang tapi Masih Ingin Makan ? Mungkin Ini Pemicunya !

Ya, kunci untuk mengurangi berat badan adalah makan dengan porsi yang tidak berlebihan. Tapi terkadang ketika bangun tidur dan sampai berangkat kerja, terkadang Anda lupa untuk menjalankan ibadah sarapan dan akibatnya pada makan siang Anda akan makan dengan porsi yang banyak. Lalu bagaimana jika kita kesulitan untuk mengurangi rasa lapar? Jika biasanya kita menggunakan cara tak sehat seperti tidak makan sama sekali, maka ada cara lain yang ternyata lebih menyehatkan, ini dia di antaranya:

  1. Minum setiap jam
    Setiap jam, minumlah segelas air mineral. Cara ini bisa membantu membuang racun dan juga membuat kita akan merasa kenyang. Anda tak akan merasa kelaparan jika terus terhidrasi. Atau bisa juga dengan tips berikut ini, coba bawa air dalam tumbler yang mempunyai angka takaran, dengan begitu Anda dapat mengukur kebutuhan air minum Anda perharinya.
  2. Tambahkan kayu manis
    Kayu manis adalah bumbu sehat yang bisa menjaga level gula darah. Menambahkan kayu manis atau bubuknya di setiap makanan yang dikonsumsi berarti bahwa pencernaan Anda diperlambat dan tidak akan merasa lapar dalam waktu yang lama. Selain itu kayu manis juga bisa digunakan pemanis bagi penderita diabetes.
  3. Makan perlahan
    Jika makan terlalu cepat, maka makanan langsung tertelan dan Anda akan merasa kenyang dengan cepat. Tetapi kamu juga bisa langsung merasa lapar dengan cepat. Jadi makanlah perlahan dan nikmati makanan tersebut maka Anda akan merasakan rasa kenyang yang memuaskan.
  4. Pilih buah-buahan
    Dibandingkan minum jus, mengonsumsi langsung buah-buahan ternyata lebih membantu. Makan satu jenis buah-buahan secara langsung akan membuat Anda kenyang lebih lama karena buah yang sudah dijus akan menghilangkan serat. Coba untuk makan satu buah apel pada pagi hari atau ganti semua camilan Anda dengan buah, pasti akan sangat membantu.
  5. Jangan Lewatkan Sarapan
    Secara ilmiah telah terbukti bahwa sarapan bisa membuat Anda kenyang sepanjang hari. Jika melewatinya, maka kamu akan makan berlebihan saat siang harinya sebagai balasan perutmu yang kosong saat pagi hari. Jika tidak ada waktu untuk membuat sarapan, cobalah minum susu dan bawa bekal roti ke kantor agar menjaga perut tidak kosong.

    photo from  www.topnews.in

    photo from www.topnews.in

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment