Mengunyah Makanan Secara Pelan Dapat Mengurangi Porsi Makan !

Makan

Makan www.popsugar.com

Saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa pemilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari merupakan salah satu faktor penentu kesehatan seseorang.  Karena itulah istilah “you are what you eat” bukan merupakan suatu hal yang asing lagi.

Nah terkait dengan hal ini, ternyata sehat tidak hanya diperoleh dari bahan makanan yang dipilih saja. Namun juga erat kaitannya dengan cara memasak bahkan cara mengkonsumsi makanan itu sendiri seperti cara mengunyah makanan yang dilakukan.

Dahulu, mmengunyak sebanyak 32 kali sebelum menelan makanan menjadi hal yang banyak disarankan. Seiring dengan berjalannya waktu serta bertambahnya kesibukan, kini makan di jalan bukan hal yang asing lagi. Apalagi bari mereka yang super sibuk. Padahal makan secara perlahan ternyata menawarkan beragam manfaat kesehatan yang cukup menarik. Berikut beberapa diantaranya!

Menikmati Citarasa Makanan

Bukan rahasia umum lagi jika mengunyah secara perlahan saat makan Anda dapat merasakan citarasa makanan dengan lebih baik. Mulai dari menikmati baunya, rasa makanan yang dipesan hingga kepuasan secara emosional. Jika dibandingkan dengan makan cepat, makan secara perlahan memang mampu memberikan kepuasan emosional yang lebih baik.

Manfaat untuk Mengurangi Berat Badan

Ketika seseorang makan dengan cepat, maka orang tersebut lebih cenderung kehilangan kontrol diet. Karena itulah jika berniat untuk mengurangi berat badan, mulailah makan secara perlahan. Dengan pola ini maka Anda akan cenderung merasa kenyang lebih cepat. Pembanding dalam hal ini tidak lain adalah makan dengan waktu yang cepat. Nah!

Peningkatan Kualitas Pencernaan

Salad Buah

Salad Buah southernbite

Makan lambat ternyata juga baik untuk sistem pencernaan kita. Saat makan tidak terburu-buru maka sistem pencernaan mendapatkan cukup waktu untuk mencerna makanan. Makan pelan juga akan menghindarkan perut menjadi begah usai makan nanti. Pertama karena tekstur makanan akan masuk  menjadi lebih halus sehingga dapat meminimalisir resiko tersedak saat sedang  makan. Kedua, karena lebih mudah kenyang, hal ini akan menghindarkan Anda dari pola makan berlebih yang dapat membebani sistem pencernaan.

Mengontrol Emosi Saat Makan dan Stres Reliever

Saat seseorang sedang mengalami emosi, maka rasa emosi tersebut dapat menyebabkan kondisi lapar. Karena itulah orang yang sedang emosi dapat makan lebih banyak dari biasanya. Ketika Anda makan secara perlahan, maka hal ini dapat membantu mengontrol asupan makanan yang Anda konsumsi. Menariknya lagi, makans ecara perlahan ternyata merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa stres.

Lebih Hemat

Makan

Makan sunrisefamilydentistry.com

Karena rasa kenyang akan datang lebih cepat saat makan secara pelan, maka hal ini dapat berpengaruh pada jumlah pengeluaran harian Anda. Porsi makan yang sedikit tentu berpotensi menghemat anggaran makan harian Anda. Sudahkah Anda makan pelan-pelan hari ini?

Baca juga:

Mengenal Seluk-Beluk Diet Mediterania

Daftar Bahan Pangan yang Direkomendasikan Oleh Ahli Diet

Kebiasaan Sepele yang Dapat Menggagalkan Diet Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.boldsky.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment