Mengobati Insomnia Akibat Kebiasaan Buruk

| Posted : 17 Oct 2013 | Tips Sehat No comments

Bangun tidur kurang segar, mata sembab dan berkantung akibat insomnia, sebaiknya Anda harus membaca ini !

insomniaInsomnia adalah gangguan orang tidak mendapatkan waktu cukup tidur karena satu atau banyak faktor. Penderitanya kerap kantuk saat siang hari, kelelahan dan penurunan tingkat kewaspadaan.

Insomnia dapat disebabkan oleh ketidakmampuan untuk tidur, untuk menjaga durasi tidur atau terbangun terlalu dini dan belum sempat mendapatkan tidur cukup. Insomnia dapat diklasifikasikan menjadi primer dan sekunder.

Insomnia primer adalah gangguan yang tidak dapat dikaitkan dengan kondisi atau gangguan lain. Sedangkan insomnia sekunder dapat ditelusuri ke sumber lain, antara lain kondisi medis, penggunaan obat – obatan, alkohol atau mengalami gangguan mental seperti depresi berat.

Sebelum menempuh langkah pengobatan, sebaiknya kenali dulu penyebab insomnia yang Anda alami.

Salah satu penyebabnya ialah karena faktor kebiasaan atau habit. Ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat orang susah tidur pada malam hari, diantaranya :

  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
  • Minum alkohol atau merokok sebelum tidur
  • Terlalu lama tidur siang
  • Jadwal tidur yang berubah – ubah

iStock_000015534533XSmall_thumb1Pada awalnya merubah kebiasaan – kebiasaan tersebut mungkin akan terasa berat, namun bila Anda mencobanya, kualitas tidur akan berangsur membaik.

Setelah mencoba merubah habit, cobalah lakukan kegiatan – kegiatan berikut ini :

  • Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap dan nyaman. Kebisingan, nyala lampu dan suhu ruangan yang dapat mengganggu tidur. Anda bisa memakai earplugs agar bebas dari gangguan suara, menyalakan kipas angin atau air conditioner untuk menjaga suhu kamar tetap nyaman dan menutup tirai agar tidak ada cahaya dari luar yang masuk.
  • Patuhi ritme tidur Anda secara rutin. Cobalah untuk membuat jadwal tidur dan bangun tidur secara teratur setiap hari, tak terkecuali saat akhir pekan.
  • Hindari tidur siang. Sebenarnya tidak salah untuk tidur pada siang hari, bahkan beberapa penelitian beranggapan bahwa tidur siang sangat bagus. Namun sebaiknya Anda membatasi durasinya, maksimal 30 menit dan dilakukan sebelum pukul 3 sore.
  • Hindari aktivitas berat sebelum tidur. Berbagai aktivitas seperti menonton televisi, bekerja di depan komputer, bermain video games hingga berdebat dapat menganggu jam tidur Anda.
  • Kurangi konsumsi kafein, alkohol dan nikotin. Berhentilah minum kopi setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur Anda. Jangan mengkonsumsi minuman alkohol pada petang hari, sebagian orang merasa mengantuk setelah “minum – minum”, tetapi sebenarnya alkohol mengganggu kualitas tidur, demikian pula dengan nikotin.

1_sleep-729-620x349Bagaimana ? Apakah Anda siap merubah kebiasaan buruk agar bisa terbebas dari insomnia ?

Selain itu, Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang :

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.helpguide.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment