Mengetahui Pentingnya Kandungan Garam dalam Tubuh

Garam, yang terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida sangat penting untuk hidup Anda. Anda tidak bisa hidup tanpa kandungan keduanya. Garam yang mengandung natrium dan klorida secara seimbang ialah garam bersodium. Garam tipe ini akan membantu menjaga kadar air dalam darah Anda. Garam beryodium ini berfungsi untuk menyeimbangkan asam dan basa dalam darah Anda. Zat ini diperlukan untuk pergerakan muatan litrik di saraf yang menggerakkan otot kita.

garam

garam cabexx.blogspot

Para ahli percaya bahwa ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan sodium bertanggungjawab untuk tekanan darah tinggi. Dengan meningkatkan tekanan darah, natrium akan disaring oleh ginjal, menjadi urin dan tubuh mengompensasi ketidakmampuan untuk mengeluarkan yodium.

Yodium tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, karena itulah membutuhkan asupan terus menerus dari bahan makanan yang Anda konsumsi. Yodium amat penting untuk emnjaga kelenjar tiroid, salah satu kelenjar yang berperan penting dalam menjaga kecepatan pembakaran energi, memproduksi protein, serta mengatur dan menghasilkan hormon .

Kelenjar tiroid dapat mengalami kerusakan berat akibat tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menghilangkan yodium dalam tubuh sehingga tubuh mengalami masalah karena tak ada yang membantu memproses energi, protein, dan hormon. Untuk mengatasi masalah ini, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di Amerika disertai dengan American Heart Association merekomendasikan terpenuhinya 2.400 miligram (mg) setiap hari untuk dewasa. Jumlah ini dapat terpenuhi hanya dengan menyeduh satu sendok teh garam. Di Amerika, orang rata-rata mengonsumsi 5.000 mg sodium dua kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan jumlah yang diperlukan. Keseimbangan natrium normal dapat dipertahankan dengan mengonsumsi 500 mg garam setiap hari. Jumlah tersebut setara dengan seperempat sendok teh garam.

 Air Garam

Air Garam tipcarasehat.blogspot

Selain pada garam, Anda bisa mendapatkan asupan natrium dengan mengonsumsi daging dan ikan. Daging dan ikan merupakan sumber alami natrium. Bila Anda mulai merasa sudah kelebihan dalam mengonsumsi daging dan ikan, sebaiknya kurangi kadarnya dengan cara memilih makanan segar. Agar Anda mengetahui kadar natrium dan sodium dalam tubuh Anda, sebaiknya pergi ke klinik dan periksakan diri.

Yodium dalam tubuh Anda rendah apabila jumlahnya kurang dari 35 miligram. Natrium Anda rendah apabila kurang dari 140 miligram. Untuk membantu memulihkan kondisi, Anda bisa mengonsumsi daging dan ikan, gunakan garam saat mengolahnya. Anda bisa memasaknya bersamaan dengan bumbu lain seperti rempah-rempah. Kemudian mengonsumsinya bersamaan dengan jus buah dan sayuran segar. Berangsur-angsur Anda bisa meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Baca juga informasi sehat lainya seperti:

Manfaat terapi dengan garam

5 cara mengobati sakit tenggorokan

Cara alami meredakan nyeri pembuluh jantung

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dummies.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment