Mengenali Tipe Tubuh Anda, Penting untuk Jaga Kondisi

Setiap orang memiliki lekuk tubuh yang berkarakter. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda. Ada tubuh yang masuk dalam kategori mesomorph, ectomorph, atau endomorph. Tipe-tipe tubuh tersebut membutuhkan perlakukan yang berbeda. Berikut tips khusus untuk memperlakukan tubuh Anda dengan tepat.

mesomorph body

mesomorph body pixabay

Tubuh mesomorph identik dengan tubuh yang berotot. Jenis tubuh ini biasanya dapat membuat iri orang-orang yang menginginkan bentuk tubuh berotot, karena Anda dapat meningkatkan ukuran otot tubuh dengan cepat dan mudah. Tubuh dengan tipe ini bila berkembang dengan baik, akan memperlihatkan bentuk tubuh persegi yang kuat, memperlihatkan ketebalan otot dan kekuatan tulang. Akan tetapi perlu diingat bahwa tubuh dengan tipe ini juga memiliki kekurangan, yakni fleksibilitas yang amat minim. Anda harus terus menerus menjaga fleksibilitas Anda dengan latihan seperti ngegym dan serangkaian latihan fitness lainnya agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Jika Anda memiliki tubuh mesomorph yang sehat maka Anda akan terlihat memiliki dada yang jelas, bahu yang nampak besar dan lebih luas dari pinggang, perut Anda tegang dan pinggul Anda umumnya lebas sama dengan bahu Anda. Pantat, paha, dan betis semuanya dalam keadaan kencang.

ilustrasi ectomorph

ilustrasi ectomorph pixabay

Tubuh ectomorph umunya relatif lebih linear. Bentuk tubuh secara umum terbangun dengan kenampakan yang halus dan ramping, maksudnya ukuran pinggul dan panggul nampak sempit, lengan dan kaki panjang. Garis otot dan tulang Anda biasanya terlihat tipis. Biasanya, orang yang memiliki bentuk tubuh ectomorph memiliki sedikit lemak dan massa otot dibandingkan dengan jenis tubuh lainnya. Kelemahan tubuh dengan jenis ini ialah lemah karena memiliki tulang kecil dan sendi yang cenderung mudah terluka selama olahraga. Walaupun demikian, tipe tubuh Anda ini memiliki daya tahan yang mengagumkan. Pelatihan fisik yang tepat untuk Anda adalah senam aerobik. Pelatihan ini akan membuat Anda tetap lincah dan segar selama beraktivitas.

ilustrasi endomorph

ilustrasi endomorph pixabay

Tubuh endomorph biasanya memiliki kapasitas besar untuk menyimpan lemak. Tubuh ini rentan dengan kenaikan berat badan yang bisa terjadi secara signifikan meski pemicunya sederhana. Oleh karena itu, tubuh endomorph cenderung mudah gemuk. Pada umumnya, tubuh endomorph berbentuk seperti buah pir. Sendi-sendi tubuh endomorph rentan terhadap cedera. Banyak penelitian yang menunjukkan tubuh tipe ini mudah terserang penyakit kronis seperti jantung, diabetes, stroke, kanker, dan darah tinggi. Kunci untuk menjaga kesehatan tubuh endomorph tetap stabil adalah dengan menyeimbangkan seluruh aspek kehidupan Anda. Baik dari segi pola tidur, makan, jam kerja, dan olahraga.

Nah, Anda termasuk orang yang memiliki tipe tubuh seperti apa? Kenali diri Anda sendiri, karena dengan mengenal diri sendiri, Anda akan tahu bagaimana cara menjaga kesehatan. Selamat beraktifitas!

Baca juga informasi sehat lain terkait dengan berat badan seperti:

Cara efektif menurunkan berat badan

Autisme karena bayi lahir dengan berat badan yang rendah, mitos atau fakta?

Selain makanan, 4 hal berikut ini sangat memengaruhi berat badan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dummies.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment