Mengenali Sebab-Sebab Obesitas

dari duniafitnes.com

dari duniafitnes.com

Obesitas ialah kelebihan berat badan yang tidak normal. Seseorang dapat dikatakan obesitas jika berat badannya 20 % atau lebih di atas berat badan normal. Dengan kata lain, obesitas adalah kondisi dimana proporsi lemak dalam tubuh mengalami kelebihan.

Obesitas dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung kalori lebih banyak daripada yang dibakar. Dengan kata lain, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalori terlalu banyak dan Anda tidak mengimbangi kegemaran Anda dengan berolahraga. Selain itu, ada faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas, yaitu faktor umur, gender, genetika, alasan psikologis, penyakit, dan obat tertentu.

dari www.tribunnews.com

dari www.tribunnews.com

Umur dapat menjadi faktor penyebab obesitas karena sejalan dengan bertambahnya usia kemampuan metabolisme tubuh dapat mengalami penurunan. Masalah ini dapat menimbulkan pengeluaran kalori dalam bentuk feses atau keringat menjadi rendah.

Dalam penelitian juga ditemukan fakta bahwa kebanyakan orang yang mengalami obesitas adalah berjenis kelamin perempuan. Faktor gender ini nampaknya masih perlu diteliti lebih lanjut karena ada unsur genetika pula dalam hal pengaruh dan mempengaruhi seseorang bisa mengalami obesitas atau tidak. Obesitas bisa diwariskan dalam satu generasi ke generasi berikutnya.

dari noerbibieary.wordpress.com

dari noerbibieary.wordpress.com

Sementara itu, faktor psikologis pun juga dapat mempengaruhi terjadinya obesitas. Orang-orang yang mengalami emosi negatif seperti rasa bosan, sedih, atau marah yang berlarut cenderung bisa makan secara berlebihan dan dalam kondisi seperti inilah, risiko obesitas menjadi tinggi. Selain karena faktor psikologis, faktor penyakit tertentu juga bisa menyebabkan obesitas tingkat tinggi. Penyakit-penyakit itu seperti hipotiroidisme, depresi, dan penyakit otak bisa membuat orang makan berlebihan. Di sisi lain, saat seseorang membutuhkan obat untuk menyembuhkan penyakitnya, obat tersebut justru bisa menjadi penyebab penyakit obesitas. Misalnya steroid dan beberapa obat anti-depresi bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara berlebihan pula.

Pada akhirnya, Andalah yang harus bijak dalam menyikapi pola makan, lingkungan yang tidak bersahabat, dan faktor keturunan yang bisa menyebabkan obesitas. Istirahat yang cukup, mengatur pola makan, dan berolahraga dapat membantu metabolisme tubuh Anda tetap lancar. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari kelebihan berat badan. Selamat bekerja!

Artikel terkait lainnya:

Makanan yang berkhasiat untuk mencegah leukimia

Menjaga otak agar tetap awet muda

Membuat mata tetap sehat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.menshealth.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment