Mengenal Suntik Vitamin dalam Dunia Kesehatan

Ilustrasi Suntik Vitamin

Ilustrasi Suntik Vitamin medislimwellness

Kini suntik vitamin bukan lagi menjadi hal baru bagi masyarakat luas. Suntik vitamin kerap ditayangkan di banyak media, mulai dari gaya hidup pesohor dunia hingga acara kesehatan. Bahkan fenomena suntik vitamin telah menjadi populer bahkan di kalangan masyarakat Eropa. Menariknya lagi ternyata alasan suntik vitamin bukan hanya untuk keperluan kesehatan saja, namun juga manfaatnya pada kecantikan dan penampilan sehari-hari.

Suntikan vitamin dapat mendukung penampilan serta mengatasi kekurangan komposisi nutrien dasar yang ada di dalam tubuh, papar Dr. Parviz Rashvand seorang dokter neuropati di Synergy Medical Clinic, Dubai. Sebenarnya ada beberapa cara mengkonsumsi vitamin. Salah satunya dikonsumsi melalui tablet dengan cara oral (lewat mulut). Cara konvensional yang satu ini sangat cocok bagi mereka yang fobia dengan jarum suntik.

Bagi yang tidak takut jarum, terdapat dua alternatif pilihan yaitu melalui intramuskular atau intravena. Sesuai namanya, intravena merupakan suntikan yang dilakukan melalui pembuluh vena, sedangkan injeksi intramuskular dilakukan pada otot. Dr. Rashvand sendiri lebih menyukai pilihan yang pertama atau intramuskular. Jika suntikan dilakukan melalui intravena, vitamin akan dilepaskan secara cepat sehingga hasilnya akan dirasakan dalam jangka waktu yang pendek. Berbeda dengan metode suntikan melalui intramuskular. Injeksi vitamin melalui otot maka vitamin akan dilepaskan secara perlahan sehingga efeknya akan lebih lama dibandingkan dengan injeksi intravena.

Ilustrasi Suntik Vitamin

Ilustrasi Suntik Vitamin laura-bond

Suntik vitamin yang paling sering dilakukan adalah suntik vitamin C, vitamin B atau suntik kombinasi dari vitamin B. Selain dikenal sebagai antioksidan, vitamin C juga diperlukan untuk memproduksi kolagen. Sebuah protein yang memainkan peranan penting bagi struktur tubuh kita. Suntik Vitamin C merupakan jenis injeksi yang aman karena sifat vitamin C yang larut di dalam air.

Dr. Rashvand menemukan bahwa dalam kondisi stres, orang dapat mengalami kekurangan vitamin C. Jika terjadi dalam jangka panjang, hal ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Meski memiliki beragam manfaat, sebaiknya suntikan vitamin hanya dilakukan pada kondisi tertentu saja. Contoh kasus yang membutuhkan suntikan vitamin adalah kondisi kekurangan vitamin yang parah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Vitamin Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Water-Soluble Vitamins, Vitamin yang Larut dalam Air

Fat-Soluble Vitamins, Deskripsi serta Sumbernya

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.thenational.ae dan www.whfoods.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment