Mengenal Mammogram, Tes Kesehatan Payudara

www.nbcnews.com

www.nbcnews.com

Seiring dengan perkembangan teknologi kini dikenalah sebuah terobosan kesehatan yang cukup baru untuk memeriksa kesehatan payudara wanita. Salah satunya dikenal dengan nama mammogram. Mammogram sebuah pemeriksaan jaringan payudara menggunakan x-ray. Proses radiasi di area payudara ini dapat menghasilkan gambar dari jaringan payudara seseorang. Pertanyaan selanjutnya tentu mengapa seorang wanita perlu pemeriksaan yang satu ini bukan ladies?

Perlu diketahui, seringkali pemeriksaan kesehatan payudara melalui mammogram dapat menunjukkan benjolan yang terdapat di payudara sebelum gejala ini dirasakan oleh seorang wanita. Canggih bukan? Tak hanya itu, mammogram juga dapat menunjukkan microcalcifications, sebuah kelompok kecil kalsium yang mengumpul pada area tertentu. Sebenarnya benjolan atau bintik payudara pada wanita dapat disebabkan karena kanker, adanya sel-sel kanker atau kondisi lainnya, kista misalnya. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui ada tidaknya sel yang tidak normal.

www.thebreastcaresite.com

www.thebreastcaresite.com

Untuk  wanita berusia di atas 40 tahun pemeriksaan mammogram sebaiknya dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali. Sedangkan untuk wanita under 40’s yang memiliki faktor resiko kanker payudara sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter pribadi yang dipercaya, kapan dan jangka berapa lama harus melakukan pemeriksaan mammogram. Bagi wanita tanpa faktor resiko terkena kanker payudara pun harus melakukan pemeriksaan mammogram, tentunya setelah dikonsultasikan dengan dokter pribadi. Jika hasil tes mammogram menunjukkan ada area abnormal di sekitar payudara maka tentunya dokter akan menawarkan tes lebih lanjut untuk mengetahui lebih detail terkait kondisi kesehatan payudara Anda. Tes tambahan bisa dengan ultrasound ataupun MRI.

Jika payudara Anda normal, jangan lupa untuk melakukan gerakan periksa payudara sendiri atau yang dikenal luas dengan nama SADARI. Dengan pemeriksaan tanpa biaya yang dapat dilakukan sendiri ini dapat menjadi alternatif pemeriksaan kesehatan payudara Anda. Dengan olahraga teratur, melakukan SADARI sedini mungkin disertai dengan konsumsi nutrisi yang seimbang dan istirahat yang cukup akan lebih menghindarkan kita dari beragam penyakit bukan ladies. Be healthy ya!

Baca juga:

Cara Usir Gatal “Nakal” di Area Payudara

Mencegah Kulit Kering Akibat Paparan AC

Cara Keramas yang Benar

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: nationalbreastcancer.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment