Mengenal Jenis Penyakit Kulit Bernama Eksim

ideklik.com

ideklik.com

Jika masih ada yang mengira bahwa penyakit jamur yang menyerang kulit dengan eksim itu sama, maka hal ini tidaklah benar. Eksim atau yang dikenal pula dengan nama Dermatitis ini adalah sebuah istilah kedokteran untuk kelainan kulit dimana kulit terlihat meradang dan iritasi. Penyakit ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, namun yang paling sering terkena eksim adalah bagian tangan atau kaki.

Sayangnya, penyebab penyakit ini sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli mencurigai bahwa terjadinya eksim berkaitan dengan daya tahan tubuh atau imun yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak membahayakan kulit. Karena hal inilah eksim banyak ditemukan pada keluarga yang memiliki riwayat alergi atau asma.

Gejala utama orang yang terkena eksim adalah timbulnya rasa gatal. ada yang gatalnya ringan tapi timbul rasa panas yang dominan, begitu pula sebaliknya. Terkadang rasa gatal ini sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Area kulit yang terkena eksim akan terasa sangat kering dan menebal. satu hal penting yang perlu diketahui, penyakit ini tidak menular dan menyebar dari penderita ke orang sehat lainnya.

 www.gejalapenyakit.net

www.gejalapenyakit.net

Pencetus penyakit ini bisa berbeda-beda. Contoh paling mudah saja ada orang yang terkena sabun atau detergen akan mengalami gatal yang luar biasa. Selain itu, infeksi saluran nafas bagian atas atau flu pun dapat menjadi pencetus timbulnya penyakit kulit ini. Dan seperti beragam jenis penyakit lainnya, stress yang dialami penderita akan membuat gejala penyakit ini akan menjadi lebih buruk.

Pengobatan yang tepat dan meghindari alergen pencetus eksim adalah dua hal yang wajib dilakukan oleh penderita eksim. selain untuk mencegah rasa gatal, pengobatan eksim dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika kulit menjadi sangat kering dan gatal, maka lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk dipakai. Umumnya pemakaiannya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seusai mandi misalnya sehingga kelembapannya lebih tahan lama. Salep, krim atau obat lain bisa Anda dapatkan sesuai dengan petunjuk dokter yang Anda percaya.

Cara pencegahan eksim dapat dilakukan dengan beragam cara. Selain menjaga kelembapan kulit dan mengurangi tingkat stess, hindari perubahan suhu dan kelembapan yang mendadak serta hindari berkeringan terlalu banyak atau kepanasan. Hindari pula faktor lingkungan yang dapat menjadi pencetus alergi seperti debu, serbuk sari bunga, bulu  binatang dan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Waspadai Laringitis, Peradangan Laring atau Kotak Suara

Kenali Perbedaan Utama Obat Generik Versus Obat Paten

Cara Usir Gatal “Nakal” di Area Payudara

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: blogdokter.net

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment