Mengenal Empat Tahapan Olahraga Dikala Berpuasa, Karena Olahraga Saat Puasa Tidak Boleh Sembarangan

| Posted : 10 Jun 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Ilustrasi Olahraga Saat Puasa

Ilustrasi Olahraga Saat Puasa www.telegraph.co.uk

Rasa lemas dan takut mengalami dehidrasi menjadi dua dari sekian hal yang membuat seseorang memilh tidak berolahraga saat puasa. Pasahal tetap berolahraga merupakan salah satu cara untuk menghindari tubuh yang lesu sata menjalankan ibadah puasa. Olahraga akan membuat metabolisme tubuh tetap berjalan dengan optimal.

Meski demikian olahraga yang dipilih saat puasa perlu diseleksi lebih lanjut. Selain jenis olahraganya, durasi olahraga dan kesehatan seseorang. Jika ingin melakukan olahraga selama puasa, ada baiknya seseorang merancang program latihan khusus. Program ini dibuat dengan mengikuti kebutuhan dan kemampuan tubuh sesuai dengan perubahan yang terjadi di setiap minggunya.

Minggu pertama merupakan minggu adaptasi tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Di minggu ini disarankan melakukan olahraga yang berfokus pada gerakan sederhana yang menggunakan bobot tubuh sebagai beban. Seperti squad, naik tangga dan gerakan sederhana lainnya.

Di minggu kedua tubuh sudah mulai beradaptasi sehingga Anda dapat menambah intensitas latihan dengan menggunakan alat lahihan sederhana. Selain itu Anda juga dapat menambah frekuensi latihan secara bertahap. Meski demikian hal ini tetap harus disesuaikan dengan kesehatan dan kemampuan tubuh Anda.

Program latihan di minggu ketiga sebaiknya berfokus dengan latihan koordinasi yang merupakan kerjasama antara sistem otot dan sistem saraf. Koordinasi tubuh di minggu ke-3 dilatih dengan cara memberikan latihan integrasi dengan gerakan tubuh atas dan bawah dengan gerakan ke berbagai arah, tidak hanya gerakan ke arah depan atau belakang.

Ilustrasi Olahraga di Bulan Puasa

Ilustrasi Olahraga di Bulan Puasa jualjilbab

Berbeda lagi di minggu terakhir puasa. Di munggu ini frekuensi latihan sebaiknya diturunkan. Penurunan intensitas ini berhubungan dengan persiapan yang harus dilakukan mendekati hari raya Lebaran. Secara garis besar, pilihlah jenis olahraga yang simpel dengan titik fokus menjaga stabilitas tubuh agar senantiasa fit selama menjalani ibadah puasa maupun Lebaran. Sudah olahraga belum?

Baca juga:

Ingin Tetap Cantik dan Segar Saat Puasa? Berikut Tips Mudahnya!

Plus Minus Mengkonsumsi Makanan Pedas di Bulan Puasa

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.cnnindonesia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment