Mengenal Beragam Manfaat Garam Epsom

| Posted : 06 Jan 2015 | Tips Sehat No comments
www.withlovefay.com

www.withlovefay.com

Garam Epsom merupakan jenis garam atau yang dikenal senagai garam Inggris merupakan jenis garam yang ditengarai memiliki beragam manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Nama garam ini diambil dari sebuah air terjun yang mengandung saline yang terdapat di kota Epsom di Surrey Inggris. Dikutp dari epsomsaltcouncil.org, garam Epsom terdiri dari dua mineral alami yaitu magnesium dan sulfat. Magnesium dapat membantu mengatur lebih dari 300 enzim dalam tubuh, sedangkan sulfat penting dalam banyak proses biologi, seperti membentuk membentuk protein dalam sendi dan jaringan otak.

Ada begitu banyak manfaat garam Epsom, salah satunya adalah untuk relaksasi guna melepaskan stres tubuh. Anda dapat merasakan kedua manfaat tersebut dengan cara yang sangat mudah yaitu berendam dalam bathtup selama sekitar 20 menit saja dalam air yang telah diberi segenggam garam Epsom. Garam Epsom juga dapat mengatasi perut kembung lho! Dikutip dari life.viva.co.id, garam Epsom dapat mengatasi perut kembung dan meratakan perut. Kandungan magnesium dan sulfat  yang terkandung dalam garam Epsom akan diserap oleh kulit. Saat itu terjadi, racun dan kelebihan cairan dalam perut akan ditarik keluar dari kulit dan perut pun akan menjadi rata. Menarik bukan?

fibrotv.com

fibrotv.com

Tak hanya itu, garam Inggris ini juga dapat digunakan sebagai bahan scrub. Caranya pun sangatlah mudah. Sebagai bahan scrub, campur saja segenggam garam Epsom dengan minyak zaitun. Selanjutnya campuran kedua bahan kaya manfaat ini dapat digunakan sebagai scrub dengan mengoleskan dan menggosokkannya pada kulit yang telah basah. Selain dapat mengelupas kulit mati, campuran bahan ini dapat melembutkan kulit Anda.

Tak hanya itu, garam Inggris juga memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Selain dapat menyerap kelebihan minyak dari rambut, jenis garam yang satu ini jugadapat membuat rambut menjadi halus dan membantu rambut terlihat lebih bervolume atau lebih mengembanag. Caranya juga terbilang sangat mudah. Cukup mencampurkan sedikit garam pada sampo yang akan Anda gunakan. Campurkan pula kondisioner dengan sedikit garam Epsom pada wadah yang telah diberi air hangat. Mineral yang terkandung dalam garam juga dapat membantu memeperbaiki dan memperkuat rambut.

Dan satu lagi, ternyata garam epsom juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan. Anda juga dapat menggunakan Epsom salt untuk mengatasi rasa nyeri pada tumit setelah seharian menggunakan alas kaki berhak tinggi. Caranya tak kalah mudah, cukup menambahkan garam Epsom pada baskom yang berisi air hangat. Rendam kaki Anda selama sekitar 20 menit. Satu lagi yang perlu diketahui, ternyata garam jenis ini juga dapat menghilangkan bau pada kaki lho! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan 

Beragam Manfaat Bunga Mawar Untuk Menjaga Kecantikan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: epsomsaltcouncil.org, teraswarta.com, life.viva.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment