Mengawali Gaya Hidup Sehat Itu Tidak Sulit Kok, Bisa Dimulai Dari Kebiasaan Kecil Ini!

| Posted : 16 Sep 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Sehat

Sehat pixabay.com

Langkah pertama selalu sulit, tidak terkecuali pada mereka yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Awalan yang dianggap sulit inilah yang kerap kali mengganjal seseorang untuk mengawali gaya hidup sehat. Pada akhirnya, penerapan gaya hidup sehat akan tertenda hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Padahal berbagai kebiasaan kecil ini ternyata mampu mendatangkan manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas kesehatan kita. Berikut beberapa diantaranya!

Memulai Hari dengan Protein

Menu Makan

Menu Makan pixabay.com

Menurut review penelitian yang dipublish di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan keterkaitan protein dalam mendukung penurunan berat badan. Tidak melewatkan mengkonsumsi 24 hingga 35 gram protein berkualitas tinggi setiap kali makan, utamanya saat sarapan merupakan salah satu cara terbaik dalam mengkonsumsi protein. Sayangnya kebanyakan orang baru mengkonsumsi sekitar 10 hingga 15 gram saja saat sarapan. Bahkan ada pula yang melewatkan komponen protein saat sarapan. Padahal protein merupakan sumber makanan yang dapat meningkatkan rasa kenyang sepanjang hari. Dengan kata lain konsumsi protein bermanfaat mengurangi porsi nyemil seseorang.

Fokus Pada Kemampuan, Bukan Sebaliknya

Saat berniat sehat, mulailah untuk mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan berbagai buah dan sayur favorit setiap harinya. Meski terlihat sepele, namun efek psikologis yang dihasilkan akan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Menurut pakar nutrisi di Mayo Clinic, mengkonsumsi 800 gram buah dan sayur masih lebih baik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi 600 gram junk food. Nah!

Introspeksi Diri

Selftalk

Selftalk pixabay.com

Saat ingin beralih pada gaya hidup sehat, Anda harus mulai menyadari dan berkompromi dengan diri sendiri. Misalnya saja saat ingin makan. Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata ada banyak kalori yang dapat di-cut dengan mudah. Menariknya, dalam hal ini hanya Anda yang mengetahui batas antara lapar sungguhan atau sekedar lapar mata. Jadi self talk menjadi titik balik yang cukup penting dalam menjalani pola hidup sehat.

Mengurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan merupakan salah satu cara yang kerap dilakukan untuk menjalani pola hidup sehat. Golf ball trick misalnya. Sesuai dengan namanya, golf ball trick dilakukan hanya dengan mengurangi seperempat porsi makan (kira-kira seukuran bola golf) yang disediakan selama dua hingga tiga hari. Nantinya 30 menit setelah makan Anda dapat mengecek apakah pengurangan porsi makan tersebut menimbulkan rasa lapar atau tidak, begitu seterusnya. Ternyata sebagian besar dari kita sudah puas dengan porsi makan kecil.

Mengeset Alarm untuk Tidur

Alarm

Alarm pixabay.com

Meski terkesan sepele, ternyata kehilangan waktu tidur selama 30 menit berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik, direkomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Bagaimana dnegan kebiasaan Anda?

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.realsimple.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment