Mencegah Penularan Flu di Tempat Kerja

Flu

Flu www.bloomberg.com

Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Jika kondisi tubuh sedang tidak terlalu fit, penularan penyakit ini tentu akan lebih mudah dari biasanya. Lalu bagaimana cara meminimalisir penularan flu di tempat kerja? Berikut beberapa tips yang patut diketahui!

Jika berbicara terkait penyakit flu di kantor, tentu hal ini erat kaitannya dengan etika kerja. Sudah menjadi kewajiban penderita flu untuk melakukan beberapa antisipasi. Salah satu hal termudah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penularan adalah menggunakan masker. Selain menggunakan masker, penderita flu wajib memahami jika sedang ingin bersin, sebaiknya menutup mulut an hidung dengan tissue. Selain itu usahakan untuk keluar ruangan ketika dirasa ingin bersin.

Begitu pula saat tenggorokan terasa gatal hingga terasa ingin batuk ataupun ketika ingin membuang ingus. Usahakan menghindari berada di dalam ruangan ketika dua tersebut. Jika ingin batuk atau membuang ingus, sebisa mungkin lakukanlah dua hal tersebut di dalam toilet. Meski sekedar batuk atau buang ingus, namun efek suara yang ditimbulkan dapat mengganggu konsentrasi atau bahkan dapat membuat badmood rekan kerja Anda.

Penderita flu secara reflek akan mengusap hidung, baik ketika usai bersin ataupun saat berusaha mengeluarkan ingus. Karena merupakan salah satu media penularan flu, maka penderita flu harus mencuci tangan menggunakan antiseptik. Hal ini perlu dilakukan untuk menyetop penyebaran virus pada rekan kerja lainnya. Selain itu, sebisa mungkin hindari kontak fisik secara langsung dengan rekan kerja Anda yang sedang mengalami flu.

Tidak jarang penderita flu akan merasa dingin. Karena itulah penting membawa jaket ataupun syal untuk menghangatkan badan. Apalagi jika ruangan kerja Anda memnggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Selain itu, beberapa aktivitas sederhana berikut ini ternyata dapat digunakan sebagai media penangkal penularan flu. Cara perama adalah dengan mengunyah jahe. Rempah-rempah yang satu ini memiliki kandungan minyak alami yang tinggi akan antibakteri.

Flu

Flu blog.appleone.com

Selain itu saat ada rekan kerja yang mengalami flu, Anda dapat menangkal flu dengan mengganti kebiasaan minum kopi dengan jus buah. Sudah menjadi rahasia umum jika kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dibuat saat berada di kantor. Selain praktis, kopi mengandung kafein yang dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Jatuhkan pilihan jus buah Anda pada buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk dan jambu biji. Selain dapat menangkal flu, makanan kaya vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi makanan kaya akan selenium. Selain berfungsi sebagai antioksidan, makanan yang kaya akan selenium juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung selenium adalah ikan, telur, daging, ayam, bawang putih, tomat serta makanan yang difermentasi seperti yoghurt, tempe ataupun tahu.

Baca juga:

Latihan yang Bisa Dilakukan Karyawan Saat Jam Kerja

Kebiasaan Baik yang Membuat Jam Kerja Semakin Nyaman

Duduk Terlalu Lama Ternyata Dapat Menyebabkan Penyakit Hati

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: lifestyle.okezone.com dan life.viva.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment