Membuat Mata Tetap Sehat

photo from www.ubergizmo.com

photo from www.ubergizmo.com

Di zaman sekarang ini, kita seringkali kita tidak dapat terlepas dari perangkat elektronik, seperti ponsel, tablet, komputer, dan yang paling nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah televisi. Dan kita melakukannya selama berjam-jam dan berulang pada hari berikutnya. Hal ini harus kita waspadai, dan juga harus ekstra hati-hati dalam merawat mata. Karena, tanpa indera penglihatan tersebut, kita tidak dapat melihat. Yuk simak bagaimana cara merawat mata dan membuatnya tetap sehat dengan keseharian yang dapat membuat kesehatan mata menurun ini.

Ubah pola makan. Ya, makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi tingkat kesehatan mata. Untuk meningkatkannya, konsumsilah makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata, khususnya makanan yang mengandung antioksidan yang sangat berperan dalam kesehatan mata, yaitu lutein. Antioksidan tersebut sangat banyak terdapat pada jenis buah-buahan, sayuran, telur dan minyak ikan.

Menerapkan aturan 20-20-20. Sebagai pekerja kantoran yang kesehariannya duduk dan bekerja dengan komputer, tentu kesehatan mata sangat diutamakan, karena jika kesehatan mata menurun akan sangat mengganggu dan tentunya produktivitas akan menurun. Cobalah terapkan aturan 20-20-20, maksutnya yaitu setiap 20 menit, ambil istirahat selama 20 detik dan melebarkan pandangan sejauh 20 meter. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi bahaya radiasi komputer terhadap mata kita.

photo from eyedoctorviennawv.com

photo from eyedoctorviennawv.com

Mengubah ruangan. Menjaga mata supaya tetap sehat di zaman yang canggih ini adalah dengan mengatur tata letak ruangan kerja Anda. Anda bisa mengatur kecerahan serta kontras pada layar yang sesuai dengan mata, demi menghindari sakit mata. Jika Anda harus membaca dalam jangka waktu yang lama di depan komputer, ganti ke skema pencahayaan reflektik dan pastikan Anda memberikan jarak yang cukup aman antara mata Anda dengan layar komputer. Di samping itu semua, Anda harus mengatur besar kecilnya teks supaya lebih terlihat dan tidak perlu menyipit-nyipitkan mata saat melihatnya.

Konsultasi dokter. Anda tak harus menunggu sampai mata Anda benar-benar rusak untuk pergi ke dokter. Datang saja ke dokter mata secara rutin untuk memeriksakan mata. Hal ini dilakukan hanya untuk memastikan bahwa mata Anda baik-baik saja. Untuk menghindari gangguan mata, cobalah cek ke dokter mata paling tidak 3 atau 6 bulan sekali.

Baca juga:

Ini Dia Ciri Payudara Sehat pada Remaja

5 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Mengapa Payudara Wanita Mengendur?

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: terselubung.in

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment