Melawan Radang Tenggorokan Saat Musim Hujan

Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan www.ctsinuscenter.com

Penyakit radang tenggorokan merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap melanda saat musim hujan tiba. Radang tenggorokan sejatinya merpakan istilah umum dari kondisi peradangan atau infeksi yang terjadi di sekitar tenggorokan. Perlu diketahui bahwa area tenggorokan meliputi rongga mulut bagian belakang, tonsil atau amandel, laring atau bagian belakang amandel dan sekitarnya.

Terkait hal ini, ternyata penyebab yang paling sering dari radang ataupun infeksi tenggorokan adalah virus. Selain itu, bakteri ataupun jamur juga dapat menjadi penyebab dua penyakit tersebut. Karena kekebalan terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk pasa usia dewasa, penyakit ini lebih lebih sering menyerang anak kecil ataupun para remaja. Karena itulah saat musim hujan tiba tidak jarang pasien anak didominasi dengan keluhan berupa radang di bagian tenggorokan.

Beberapa gejala sakit tenggorokan yang sering terjadi adalah sakit saat menelan, sakit kepala, bengkaknya amandel karena radang, nyeri otot, hingga batuk, hidung beringus dan juga pembesaran kelenjar pada leher. Gejala tersebut terkadang disertai rasa mual dan muntah yang membuat anak menjadi lebih rewel daripada biasanya. Tidak jarang hal ini membuat asupan makan dan minumnya pun menjadi berkurang. Selain kondisi badan yang tidak enak, penurunan nafsu makan juga dapat terjadi karena rasa sakit yag timbul saat menelan.

Penyakit radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang bisa sembuh tanpa konsumsi obat. Umumnya penyakit ini akan sembuh dalam waktu 3 hingga 4 hari saja. Meski demikian, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika menemukan kasus sakit tenggorokan yang tidak kunjung membaik setelah 2 minggu. Selain itu sakit tenggorokan yang disertai demam selama berhari-hari yang tidak kunjung reda usai mengkonsumsi obat juga perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan www.foxnews.com

Untuk pencegahan, Anda dapat melakukan beberapa hal mendasar seperti menjaga keseimbangan konsumsi nutrisi pada anak, menjaga kebersihan sanitasi serta menghindarkan anak dari sumber penyakit. Jika ada teman anak yang menderita sakit, ada baiknya anak dibekali dengan masker, utamanya saat berdekatan dnegan anak. Pastikan pula anak telah mendapakan imunisasi yang lengkap. Begitu pula saat anak engalami radang tenggorokan. Pastikan ia mendapatkan cukup nutrisi dan cairan sehingga akan mempersingkat masa sakit sekaligus terhindar dari kondisi dehidrasi.

Meski terdengar sepele, namun kondisi dehidrasi akan membuat lendir di saluran nafas berambah kental. Hal ini mengakibatkan anak mengalami gejala batuk yang lebih hebat. Selain itu hindari memberikan minuman yang terlalu dingin serta makanan yang mengandung banyak minyak. Satu lagi, jangan berikan antibiotik tanpa resep dari dokter. Perlu diketahui bahwasanya antibiotik hanya diberikan untuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Baca juga:

Tips Mengenali Alergi Susu Sapi pada Buah Hati

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tali Pusar Pada Bayi

Fakta dan Mitos Terkait Penggunaan Empeng pada Bayi

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.tribunnews.com dan www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment