Mau Asupan Makan Sehat, Kenalan Dulu Indeks Glikemik Makananmu

share-all-news.blogspot.com

share-all-news.blogspot.com

Ada sebuah pernyataan populer, bahwa tubuhmu merupakan representasi asupan makananmu. Ya, hal pertama yang dipikirkan ketika melihat badan seseorang sangat jauh dari ukuran badan pada umumnya biasanya adalah tidak berjalannya pola makan yang baik. Meskipun penyebab kegemukan sendiri sangatlah kompleks. Bisa jadi orang tersebut juga tidak menjalankan pola olahraga yang baik. Salah satu cara penting yang perlu diketahui dalam menjalankan hidup sehat adalah mengenali indeks glikemik makanan yang akan dikonsumsi. Apa itu indeks glikemik? Temukan jawabannya sesaat lagi!

Indeks glikemik (IG) merupakan ranking makanan berdasarkan efek makanan tersebut pada kadar gula darah. Suatu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah berarti makanan tersebut terurai perlahan selama dicerna yang akanĀ  menghasilkan energi dan masuk ke pembuluh darah secara bertahap hingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang lebih sedikit. Untuk makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi berarti akan menghasilkan peningkatan gula darah dalam kadar yang lebih tinggi. Karena hal inilah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan berdampak lebih baik bagi tubuh dibandingkan dengan makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi.

ployulinda.blogspot.com

ployulinda.blogspot.com

Beragam hal lain yang menyebabkan indeks glikemik rendah baik untuk tubuh diantaranya adalah membantu mengendalikan rasa lapar hingga berpengaruh positif atau baik bagi kestabilan berat badan. Makanan ber-IG rendah juga disinyalir dapat menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, IG rendah pada makanan akan meningkatkan sensivitas insulin pada tubuh sehingga dapat membantu mencegah terjadinya kasus diabetes melitus tipe 2. Seperti telah banyak diketahui, diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang dikarenakan gaya hidup seseorang, tidak terpengaruh faktor genetis.

Kini para peneliti sudah menyusun indekas glikemik dari 0 hingga 100. Semakin sedikit indeks glikemik suatu makanan dapat diartikan semakin baik pula kualitas makanan itu atas pengaruhnya pada kadar gula dalam darah. Nilai IG sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu rendah, sedang dan tinggi dengan range IG berturut-turut adalah < 55, 55-70 dan >70. Sebagai contoh 150 gram nasi merah, 150 gram nasi putih, 80 gram wortel, 120 gram apel dan 250 mililiter softdrink memiliki IG berturut-turut sekitar 50, 71, 35, 39 dan 68. Bagaimana indeks glikemik asupan makanan Anda sehari-hari?

Jangan lewatkan pula artikel menarik lainnya seperti makanan kaya ptrotein bagi vegetarian, tips agar buah yang dikonsumsi tidak hilang nutrisinya serta gaya makanan yang dapat mengusir jerawat.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: http://diabetesmelitus.org/

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment