Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Kehidupan sehari-hari yang begitu banyak tuntutan membuat Anda harus bertemu dengan banyak orang. Menyelesaikan proyek satu per satu hingga mendapatkan keuntungan merupakan target yang selalu menjadi inspirasi utama para pekerja keras. Andakah salah satu orang yang memiliki kesibukan dari pagi hingga malam?

a cup of black tea pixabay

a cup of black tea pixabay

Kalau Anda begitu sibuk, tentunya Anda memerlukan asupan makanan dan minuman yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh. Makanan dan minuman sembarangan atau kurang sehat meskpun enak di makan bisa menyebabkan Anda mendapatkan efek samping, seperti diabetes, gula darah tinggi, kolesterol, dan lain-lain.

Banyak orang memilih kopi untuk menemani waktu santai mereka, baik saat istirahat di sela kerja, bertemu dengan klien, maupun saat rapat. Banyak orang bersumsi bahwa kopi kurang baik dampaknya untuk kesehatan dibandingkan dengan teh. Memang penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat mengonsumsi kopi, saat sarapan dan saat makan malam sebaiknya hindari, karena di jam-jam tersebut seharusnya Anda mengonsumsi sesuatu yang tidak memiliki kadar kafein tinggi.

Karena itulah, jika di kantor dan saat santai bersama rekan kerja sudah minum kopi, bagaimana jika saat sendirian, sebelum makan malam atau sebelum tidur, Anda menyeduh teh. Teh yang Anda pilih haruslah teh khusus, yakni teh hitam.

minum teh

minum teh i.imgur

Menurut hasil penelitian, teh hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Teh hitam, seperti halnya teh hijau, dipetik dari tanaman yang disebut dengan camellia sinensis. Daun teh hitam direndam sedemikian rupa sehingga dapat memberikan warna gelap ketika digunakan sebagai minuman. Daun matang dan kering diproses sedemikian rupa hingga warna menjadi gelap. Teh hitam memiliki kandungan kafein yang sangat rendah, sehingga baik dikonsumsi ketika sarapan. Di samping itu, teh hitam memiliki kandungan yang disebut dengan flouride.

Flouride adalah zat yang bermanfaat untuk kesehatan mulut dan tulang. Teh hitam, juga mengandung flavonoid yang juga ditemukan pada apel, yang mampu membantu melawan bakteri. Dengan kandungan tersebut, teh hitam juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Teh dapat menghidrasi tubuh, sehingga secangkir teh hitam membantu melembabkan kulit. Teh hitam juga menyeimbangkan kadar hormon, meningkatkan kualitas anti-inflamasi, juga membuat saluran pencernaan berfungsi dengan baik. Sudah pasti, efek positif dari semua ini adalah teh hitam dalam menyeimbangkan kadar kolesterol dan membantu mengurangi resiko stroke.

Bagaimana? Tidakkah mulai dari sekarang Anda ingin mengonsumsi teh hitam untuk kesehatan Anda?

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Waktu yang tepat untuk minum kopi dan teh

Cara aami membersihkan darah kotor dalam tubuh

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.timesofindia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment