Manfaat Ruang Terbuka Hijau untuk Kesehatan

dari ramzani-naswan.blogspot.com

dari ramzani-naswan.blogspot.com

Di Indonesia, utamanya di kota-kota besar sedang marak terjadi pembangunan hotel, restoran, mall, perkantoran, rumah susun, dan juga apartemen. Pembangunan ini tentu saja tidak berdiri di atas langit, melainkan mengambil lahan yang tak sedikit di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Lahan hijau pun menjadi semakin sempit. Mungkin saat musim hujan tiba, Anda menjadi suka bernostalgia bahwa di wilayah tertentu dulu merupakan ruang terbuka hijau yang Anda jadikan sebagai tempat bermain petak umpet. Kalau melihat kondisi saat ini, tentu saja hal itu sudah tidak mungkin bisa dijumpai di kota-kota besar. Hal ini, tidak terlepas dari arus urbanisasi dan arus globalisasi yang mempengaruhi pemenuhan kebutuhan dalam setiap lini.

Akan tetapi, sadarkah Anda pentingnya ruang terbuka hijau ketika hendak membangun sebuah hunian? Sebuah penelitian terbaru di Amsterdam, Belanda sampai kini semakin membuktikan bahwa manfaat ruang terbuka hijau sangat bagus untuk kesehatan masyarakat. Penelitian dari VU University Medical Centre ini menyebutkan, masyarakat saat ini terancam kekurangan ruang terbuka hijau. Resiko dari kekurangan ruang terbuka hijau ini ialah masyarakat jadi rentan terhadap berbagai macam penyakit, sebab ruang terbuka hijau memberi efek positif bagi kesehatan fisik dan mental masyarakat. Hasil penelitian itu mengatakan ruang terbuka hijau bermanfaat paling besar untuk mencegah depresi dan kecemasan.

dari noverina.wordpress.com

dari noverina.wordpress.com

Manfaat ruang terbuka hijau ini sangat baik bagi anak-anak dan warga yang memiliki strata sosial dan ekonomi yang lebih rendah yang tinggal di wilayah yang terlalu padat penduduk. Selain mereka tidak memiliki dana untuk berlibur, mereka membutuhkan udara segar untuk memperbaiki sistem organisme tubuh.

Banyak ruang terbuka hijau yang jauh dari lingkungan kota. Ibukota negara kita jelas menunjukkan tanpa perlu dibuat penelitian lagi bahwa ruang terbuka hijau yang sekiranya bisa digunakan untuk bersantai masyarakat setelah bekerja nyaris tidak ada.  Di sana, lebih banyak moda transportasi dan ruang fasilitas publik berupa gedung-gedung bertingkat yang menjulang tinggi. Dengan keadaan tersebut, tidak mungkin warga bisa mengoptimalkan ruang terbuka hijau ini.

Dalam penelitian disebutkan bahwa warga yang tinggal dalam radius tiga kilometer dari ruang terbuka hijau memiliki kehidupan yang jauh lebih tenang. Tubuh dan psikologi mereka lebih sehat karena jarang mengalami stress dibandingkan dengan mereka yang tinggal jauh dari ruang terbuka hijau.

dari www.tribunnews.com

dari www.tribunnews.com

Ruang terbuka hijau dapat memicu aktivitas fisik, memotivasi masyarakat untuk berolahraga. Bukankah olahgara, misalnya lari-lari kecil di pagi hari akan menyehatkan tubuh dan mental? Dengan tinggal di sekitar lokasi ruang terbuka hijau mata Anda pun bisa mengalami refresh setelah melihat gedung-gedung bertingkat yang notabene sering warna catnya tidak ramah untuk mata.

Meskipun begitu, untuk mengetengahkan ruang terbuka hijau di kehidupan masyarakat kota memang sulit. Hal itu dibutuhkan ketegasan dan kecerdasan untuk membangun serta merawatnya secara seksama. Walaupun begitu, Anda tak perlu pesimis, Anda bisa membuat ruang terbuka hijau Anda sendiri di sekeliling rumah Anda. Manfaatkan lahan kosong yang ada. Tanami lahan tersebut dengan berbagai macam tanaman yang bisa membantu meningkatkan ketenangan. Selamat merenung!

Artikel terkait

Oww! Patokan olahraga bukan keringat lho!

Beragam manfaat bunga mawar untuk menjaga kecantikan

Desain interior yang ramah lingkungan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.hijauku.com

.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment