Manfaat Penting Mengkonsumsi Pisang Sebelum Latihan Kebugaran

Pisang

Pisang pixabay

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang melimpah di Indonesia. Selain ramah di kantong, ternyata pisang juga sangat baik dikonsumsi sebelum olahraga atau melakukan latihan fisik lainnya. Bahkan hal ini juga pernah dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research. Berikut penjelasan selengkapnya!

Menurut hasil penelitian, dikemukanan bahwa setelah puasa semalaman, 20 pengendara sepeda laki-laki yang mengkonsumai air dengan buah pir atau pisang lebih cepat mengalami pemulihan. Pembanding dalam hal ini adalah mereka yang mengkonsumsi air putih saja. Selain mengalami pemulihan 50% lebih cepat, mereka juga merasa lebih fokus dan memiliki lebih banyak energi sehingga mampu mengayuh sepeda lebih cepat.

Terkait hal ini, ternyata gula yang terdapat di dalam pisang juga dapat melalui usus sama cepatnya seperti sports drinks. Menariknya, menurut David Nieman, direktur dari Appalachian State University Human Performance Laboratory juga menyatakan bahwa pisang juga mengandung jenis gula yang dibutuhkan para atlet seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Jenis gula tersebut mirip dengan jenis gula yang terdapat dalam kebanyakan sports drinks.

Masih menurut Nieman, hal tersebut terlihat seolah-olah perusahaan mengadopsi profil gula pada pisang untuk produk sports drinks mereka. Tidak berhenti sampai di sini, di dalam pisang masih terdapat kandungan nutrisi yang lain seperti kalium dan vitamin C. Menariknya, pisang juga dapat merangsang produksi dopamin di otak yang mampu membuat suasana hati menjadi tenang dan senang.

Lalu apa hubungan latihan dengan dopamin? Umumnya latihan menyebabkan terjadinya metabolisme aerobik yang tinggi, Hal ini akan meningkatkan produksi molekul berbahaya dalam tubuh yang bernama radikal bebas, Nah, stimulasi dopamin dari buah, dalam hal ini adalah pisang dapat meningkatkan kapasitas dari antioksidan. Seperti yang telah diketahui bersama, antioksidan dapat memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Pisang

Pisang pixabay

Untuk mendapatkan hasil terbaik, direkomendasikan untuk mengkonsumsi setengah buah pisang dengan secangkir air 15 hingga 20 menit sebelum latihan. Untuk mempertahankan kinerja tubuh saat melakukan latihan selama lebih dari satu jam disarankan untuk mengkonsumsi setengah buah pisang setiap 15 menit selama sesi latihan. Tertarik mencobanya?

Baca juga:

Tips Olahraga Saat Musim Hujan Tiba

Cara Mudah Agar Tetap Konsisten Berolahraga

Tips Membeli Keperluan Olahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment