Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Kulit

Green Tea

Green Tea nailartandbeauty

Selain bermanfaat sebagai antioksidan atau penangkap radikal bebas dalam tubuh, ternyata meminum teh juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Menariknya lagi, jenis teh memiliki spesifikasi sendiri untuk kesehatan kulit Anda. Menarik bukan?

Berbicara soal teh, tentu kepopuleran teh hijau selalu berada di peringkat pertama. Selain rasanya yang segar, hasil penelitian menunjukkan bahwa menikmati teh hijau dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker kulit. Kandungan antioksidan bernama cathein dalam teh hijau ditengarai mampu mengurangi peradangan yang berkaitan dengan penuaan. Selain mengandung cathein, teh juga mengandung polifenol. Selain dikenal sebagai anti inflamasi, polifenol juga memiliki kemampuan dalam hal perbaikan DNA.  Tepatnya dapat memperbaiki mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Seperti yang telah diketahui bersama, antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh. Terkait dengan hal ini, ternyata paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh. Karena itulah meski mengkonsumsi teh, guna mencegah terjadinya kanker kulit Anda tetap memerlukan SPF 30. Kandungan SPF dapat ditemukan pada tabir surya. Sejenis lotion yang kerap dijadikan pelindung ketika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain dapat menikmatinya di pagi ataupun malam hari, kini banyak tersedia produk kecantikan yang mengandung teh hijau. Mulai dari sabun mandi, body lotion, body butter hingga antioksidan moizturizing lotion yang berisi 90% polifenol yang membantu mencegah terjadinya tanda penuaan dini ataupun kulit kering. Meski ditawarkan dengan kisaran harga yang beragam, beberapa produk teh hijau tetap dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

Chamomile Tea

Chamomile Tea institutefornaturalhealing

Selain teh hijau, jenis teh lain yang tak akalah populer adalah chamomile. Teh jenis ini juga menawarkan beragam manfaat menarik bagi kesehatan kulit. Selain dapat membantu meringankan gejala kulit kering, teh chamomile juga dapat digunakan untuk meringankan kondisi jerawat pada kulit. Menariknya lagi, chamomile juga dapat membantu mengobati ruam ataupun inflamasi. Flavonoid yang terkandung dalam teh dikenal sebagai penghambat kuat radikal bebas.

Baca juga:

Tips Memilih Buah atau Rempah dalam Infused Water

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Water-Soluble Vitamins, Vitamin yang Larut dalam Air

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment