Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa

Mewarnai

Mewarnai www.realisticcoloringpages.com

Dulunya aktivitas mewarnai hanya dikenal sebagai salah satu pengisi waktu luang untuk anak-anak. Namun beberapa tahun terakhir mewarnai merupakan salah satu aktivitas menarik yang banyak dipilih oleh orang dewasa. Karena itulah berbagai buku mewarnai masuk dalam kategori buku yang laris manis di pasaran.

Di awal tahun 90-an, para dokter telah mempelajari efek mewarnai bagi kesehatan mental. Terapi mewarnai ini kerap digunakan psikiater untuk menenangkan dan membuat pikiran pasien menjadi lebih fokus. Salah satunya adalah Psikiater kenamaan Carl Jung. Bahkan hingga saat ini teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter, utamanya untuk mengurangi kegelisahan.

Ada banyak alasan mengapa mewarnai menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari orang dewasa. Pasalnya mewarnai ditengarai memiliki beragam manfaat yang menarik. Salah satunya adalah untuk melepas lelah di malam hari. Selain itu aktivitas mewarnai juga dapat membuat seseorang merasa rileks sehingga memudahkan seseorang untuk tidur malam dan bangun pagi. Karena tidak adanya aturan saat Anda mulai mewarnai, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk mengekspresikan diri.

Kegiatan mengasyikkan yang satu ini diyakini dapat dapat membantu seseorang menurunkan tingkat stes, meningkatkan kesadaran, menghilangkan kegelisahan bahkan dapat membantu seseorang mengatasi trauma. Hal tersebut berkaitan dengan berkaitan erat dengan amygdala, bagian otak yang merespon rasa takut. Saat bagian amygdala ini beristirahat maka lama-kelamaan dapat memberikan efek menenangkan untuk tubuh.

Selain itu, saat orang dewasa mewarnai dapat merasakan sensasi seperti menjadi anak-anak lagi. Dengan demikian mereka bisa merasakan kehidupan yang bebas dari tekanan dan rasa khawatir selama beberapa waktu. Terlebih saat menikmati proses dalam pewarnaan itu akan menimbulkan efek menenangka. Hasilnya seseorang dapat melepaskan stres saat mewarnai.

Mewarnai

Mewarnai pixabay

Bahkan efek relaksasi dari mewarnai gambar pun dibuktikan lewat alat canggih yang bisa mengukur gelombang otak dan ritme jantung. Ada tiga elemen penting dalam kegiatan mewarnai yaitu repetisi atau gerakan yang dilakukan berulang, pola dan detail gambar yang harus diwarnai. Lebih lanjut lagi, Psikolog Dr. Ben Michaelis menjelaskan bahwa mewarnai gambar dapat mengaktifkan logika pada otak dan menciptakan pola pikir yang lebih kreatif. Tertarik mencoba?

Baca juga:

Hati – hati, Stres Menyebabkan Obesitas

Stres dan Produktivitas Bisa Sejalan

Yang Jangan dan yang Harus Dilakukan Saat Stres

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: gayahidup.republika.co.id, wolipop.detik.com,

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment