Manfaat Memotong Kuku Secara Rutin

photo from www.anythinglefthanded.co.uk

photo from www.anythinglefthanded.co.uk

Semua orang tahu betul bahwa kuku bisa menampung kotoran dan bisa menjadi sarang penyebaran infeksi. Namun sayangnya kebanyakan dari kita memelihara kesehatan tanpa memikirkan hal-hal kecil seperti kuku kaki dan tangan yang juga menjadi bagian penting. Tentunya akankah lebih baik untuk memotong kuku secara rutin agar terhindar dari bermacam penyakit dan kuman. Apa sih manfaat memotong kuku secara rutin? Simak penjelasan di bawah ini.

Mencegah Kuku tumbuh ke dalam
Ini adalah kondisi serius yang akan dialami jika tak rajin memotong kuku. Kuku yang tumbuh ke dalam atau yang disebut onychocryptosis akan sangat menyakitkan karena bisa melukai kulit Anda, rajin-rajinlah memotong kuku agar tidak ada kuku yang tumbuh menembus kulit. Kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa sakit dan bengkak dan kadang-kadang dapat juga berubah menjadi infeksi. Jika rasa sakit tak tertahankan atau berat berkonsultasilah dengan dokter.

Mencegah Infeksi bakteri
Merawat kuku sangatlah penting jika Anda tak ingin mengalami infeksi. Jika Anda sering memakai sepatu maka kuku akan mulai ditumbuhi oleh bakteri karena saat itu bagian kaki tak bisa bernapas, ditambah lagi dengan adanya keringat. Untuk menghilangkan bau kaki, coba rajin-rajinlah memotong kuku agar bakteri yang ada pada sela-sela jari kaki ikut hilang bersama kuku yang dipotong.

Jauh dari jamur
Kuku yang cantik bisa memberikan kesan baik tentang kebersihan. Jika Anda tak memotong kuku secara rutin maka ada kemungkinan Anda akan mengalami infeksi yang disebabkan oleh jamur, misalnya kutu air atau ruam merah yang gatal. Ini biasanya terjadi di antara jari kaki. Bahkan lebih buruk lagi, kukumu akan terlihat berwarna kuning. Apakah Anda ingin mempunyai kuku berwarna kuning?

photo from  www.girlishh.com

photo from www.girlishh.com

Mencegah cedera
Jika Anda tak memotong kuku, maka Anda akan meyebabkan banyak cedera, seperti misalnya wajah tak sengaja tercakar atau misalnya Anda tak sengaja melukai tangan sendiri yang bisa menyebabkan pendarahan di dalam.

Baca artikel lainnya:

Percantik Kuku Anda dengan Beragam Desain Unik

Tips Mengatasi Penuaan Dini

Wah Ini Dia Ternyata Penyebab Penuaan Dini

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment