Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

girl-drinking-dark-coffee

Jahe merupakan tumbuhan herbal, sebab selain digunakan sebagai bumbu masakan, juga bisa dijadikan obat. Cara mengkonsumsinya juga bermacam – macam, bisa langsung dicampur dengan makanan lain, dibuat bubuk, minuman atau dijadikan minyak oles.

Tumbuhan yang termasuk dalam golongan rhizoma (batang tumbuh dalam tanah) ini dapat mengobati sakit perut, diare, kehilangan selera makan, nyeri otot, nyeri menstruasi, batuk dan radang tenggorokan.

Relieve Menstrual Pain With JuiceBeberapa orang menempelkan parutan jahe pada luka bakar, lalu ada pula yang mengoleskan minyak jahe untuk mengobati nyeri otot.

Lantas, seberapa efektif jahe ini untuk kesehatan ?

“Natural Medicines Comprehensive Database” mengukur tingkat keefektifan jahe berdasarkan bukti ilmiah dan menggolongkannya dengan skala : efektif, agak efektif, mungkin efektif, mungkin tidak efektif, agak tidak efektif, tidak efektif dan tidak cukup membuktikan seberapa efektif.

Salah satu skala yang cukup menarik ialah adanya kemungkinan keefektifan jahe untuk mengobati beberapa penyakit, diantaranya :

  • Mengurangi rasa mual setelah operasi.

Banyak penelitian kesehatan menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 gram jahe sebelum operasi dapat mengurangi rasa mual dan muntah selama 24 jam pertama setelah operasi.

  • Mengobati pusing

Mengkonsumsi jahe dapat mengurangi pusing.

  • Nyeri haid

GINGER-ACID-REFLUX-REMEDYBeberapa riset membuktikan bahwa jahe dapat mengurangi nyeri haid pada sebagian wanita. Salah satu penelitian menyatakan dengan mengkonsumsi 250 mg jahe empat kali sehari dalam kurun waktu tiga hari pertama menstruasi, mampu mengurangi nyeri haid dengan persentase 62 %.

  • Mencegah mual pada ibu hamil (konsultasi lebih dulu dengan dokter)

Selain bisa mengurangi rasa mual dan muntah pada pasien yang baru dioperasi, jahe juga dapat mencegah hal serupa pada ibu hamil. Akan tetapi mengkonsumsi salah satu obat herbal saat mengandung relatif berisiko, oleh sebab itu sebaiknya sebelum menerapkannya, Anda konsultasikan dulu dengan dokter.

Para ahli mengatakan bahwa jahe mengandung unsur – unsur kimia yang bisa mengurangi mual dan nyeri. Mereka percaya unsur tersebut mempengaruhi perut, usus, otak dan sistem syaraf pada manusia.

09-Global-Home-Remedies-Tea-ginger-rootDisamping segala manfaatnya, Anda juga perlu tahu bahwa jahe juga mempunyai efek samping. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi herbal ini dapat mengakibatkan perut kepanasan, diare dan bahkan bagi wanita yang sedang haid, darah kotornya yang keluar bisa semakin banyak.

Mengkonsumsi obat – obatan herbal memang baik bagi sebagian orang, namun alangkah baiknya jika Anda mulai mengenali jenis obat apa saja yang kontradiktif dengan tubuh dan mana yang aman untuk dikonsumsi.

Nah, berikut ada artikel lainnya :

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.nlm.nih.gov

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment