Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

mint

mint pixabay

Meski bukan berasal dari Indonesia, kini kepopuleran daun mint sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Daun mungil berwarna hijau segar ini kerap menghiasi beragam dessert seperti puding ataupun cake chocolate. Daun mint juga kerap melengkapi beragam minuman yang ditawarkan cafe ataupun resto ternama di berbagai daerah.

Di Indonesia sendiri daun mint segar sudah tersedia di beragam supermarket ternama. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, daun ini dapat menambah kesegaran kreasi minuman buatan Anda. Menariknya lagi, ternyata daun mint mengandung beragam nutrien penting seperti calsium, tembaga, folat, zat besi, magnesium, mangan, niasin, fosfor, kalium, riboflavin, vitamin A, vitamin C dan antioksidan.

Salah satu antioksidan yang terdapat dalam daun mint adalah asam rosmaniric. Kandungan asam rosmaniric memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala alergi musiman. Sedangkan kandungan mentholnya dapat membantu meringankan gejala pilek. Utamanya jika dikonsumsi dalam bentuk teh.

Dalam dua sendok makan daun pepermint segar mengandung kalori sebesar 2 kkal, dengan kandungan karbohidrat sebesar 0,5 g. Selain memiliki indeks glikemiks rendah, daun mint juga termasuk bahan makanan yang bebas gluten. Selain dikenal sebagai penyegar nafas yang sangat baik, daun mint kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara. Selain daunnya, minyak peppermint telah terbukti memiliki efek menguntungkan untuk beragam masalah pencernaan. Sindrom iritasi usus salah satunya.

Salah satu cara menikmati daun mint adalah mengkonsumsi daun mint secara langsung ataupun peppermint tea dapat membantu meredakan mual. Namun demikian, pastikan dulu daun mint bukan merupakan salah satu alergen Anda. Pastikan pula Anda tidak menderita gastroesophageal reflux disease ataupun kondisi perut yang sedang mulas. Karena jika Anda menderita satu atau keduanya, daun mint dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

mint

mint pixabay

Jika Anda tertarik mencoba khasiat daun mint, berikut tips memilih daun mint berkualitas baik. Pilihlah daun mint yang berwarna hijau terang tanpa bintik-bintik cokelat dan tidak berlendir. Aroma yang terpancar dari daun juga dapat memandu Anda memilih daun mint yang berkualitas baik. Selain dimasukkan dalam teh, menaburkan potongan daun mint ke dalam es krim atau salad dapat menjadi alternatif menarik menikmati daun mint. Anda juga dapat mencampurkan daun ini ke dalam mojitos Anda. Selamat mencoba!

Baca juga:

Agar Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa

6 Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Lari Pagi

Resiko Mengkonsumsi Susu Mentah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthcastle.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment