Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

| Posted : 23 May 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Bersepeda

Bersepeda visit-hungary

Bersepeda merupakan salah satu hobi yang sekaligus dapat dijadikan alternatif olahraga yang menyenangkan. Bersepeda dapat dilakukan dimana saja. Bahkan kini persewaan sepeda pun tersedia di berbagai lokasi wisata. Penasaran dengan topik menarik ini? Yuk cek info selengkapnya sesaat lagi!

Jika Anda suka melakukan aktivitas bersepeda, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Selanjutnya, kayuh sepeda santai di jalanan yang datar dulu. Baru setelahnya Anda bebas bersepeda sesuai dengan kemampuan dan track yang tersedia. Selain itu sisi keamanan tetap wajib diutamakan. Gunakanlah helm dan alas kaki yang cocok dengan aktivitas bersepeda. Rute bersepeda juga harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Jika Anda besepeda sebentar saja, maka tubuh memanfaatkan metabolisme aerobik untuk mengubah karbohidarat menjadi adenosine triphosphate (ATP). Energi dalam tubuh diperoleh melalui pembentukan ATP. Satu yang perlu diketahui, Anda memerlukan ATP bahkan ketika Anda sedang bersantai di rumah. ATP yang tertimbun dalam otot sekitar 4-6 milimol/kg otot. Karena ATP ini hanya cukup untuk aktivitas cepat dan berat selama 3-8 detik saja. Jika sedang berolahraga, maka jumlah energi yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

Bersepeda dalam kecepatan yang stabil akan mengundang banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru. Selain itu, melakukan besepeda dalam kecepatan stabil dapat memaksimalkan peran glukosa dalam tubuh. Karena jika glukosa tidak berfungsi secara optimal, maka dapat meningkatkan resiko pra diabetes atau metabolic syndrome. Bersepeda dalam kecepatan yang stabil juga mampu meningkatkan kemampuan untuk memobilisasi lemak yang tersimpan di dalam otot.

Bersepeda

Bersepeda indialetsplay

Bersepeda selama sekitar 15 menit sehari atau 30 menit selama beberapa kali dalam satu minggu merupakan salah satu cara terbaik meningkatkan kesehatan Anda! Selain itu bersepeda juga mampu mempertahankan daya tubuh, menyehatkan organ jantung, mengencangkan otot, membantu mengatur pernapasan hingga memperkuat kerangka tubuh. Mungkin banyak yang mengira kalau posisi tubuh membungkuk saat bersepeda akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Fakta yang terjadi malah sebaliknya. Kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak saat bersepeda setiap hari. Selamat mencoba!

Baca juga:

3 Pilihan Rute Asyik Bersepeda di Jogja

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Jogging Track Menarik Kala Berlibur di Jogja

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthline.com, uap.unnes.ac.id, manfaat.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment