Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

| Posted : 25 Feb 2015 | Tips Sehat No comments

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan ternyata banyak sekali. Manfaat alpukat yang seringkali tak diketahui banyak orang ialah buah alpukat dapat membantu seseorang dalam mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Kenapa sih, alpukat bisa begitu bermanfaat? Apa saja yang terkandung dalam buah alpukat?

alpukat

alpukat jabar.tribunews

Buah alpukat mengandung lemak sehat, protein, gula, serat, vitamin dan mineral. Lemak sehat dalam buah alpukat merupakan lemak baik yang porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat. Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda, serta dapat menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung disease.

Kandungan protein dalam buah alpukat terdiri atas 4 gram protein. Kadar kandungan tersebut merupakan kadar protein yang tercatat lebih banyak dibandingkan dengan buah yang lain.

alpukat untuk wajah

alpukat untuk wajah beritasehat

Setiap buah pasti mengandung gula, namun gula dalam buah ini nilainya cukup kecil dibandingkan buah-buah yang lain, sehingga buah ini bisa dikonsumsi oleh seseorang yang menderita diabetes. Kandungan gula dalam buah alpukat terdiri dari 0.2 g gula. Hal baik lainnya, buah alpukat mengandung serat dalam jumlah 11 gram serat, hampir setengah serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sedangkan kandungan vitamin dan mineral buah alpukat terdiri atas kandungan kalium, bitamin K, B29, B6, B5, C, dan E.2.

masker alpukat

masker alpukat pondokibu

Dengan beragam kandungan baik tersebut alpukat penting dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah. Dalam upaya membantu menurunkan berat badan, buah alpukat pun dapat diandalkan karena alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik digunakan sebagai energi pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Energi pembakaran yang lambat tentunya memberikan perasaan yang kenyang selama beberapa hari sehingga cocok untuk membantu program diet Anda.

Banyak orang juga bingung dalam menjaga kesehatan kulit agar kelihatan tetap cantik. Anda tak pelru ragu utnuk memanfaatkan alpukat dalam hal ini, karean alpukat mengandung Vitamin E yang membantu menjaga penuaan dari papasan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

jus alpukat

jus alpukat manfaat

Dalam mencegah kanker, aplukat yang kaya akan fitokimia dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Kandungan phytochemical dari buah alpukat adalah zat yang sangat baik dalam pencegahan kanker.

Masih ada lebih banyak lagi yang lainnya manfaat buah alpukat bagi kesehatan Anda. Intinya, jangan ragu-ragu untuk mengonsumsi alpukat di rumah! Selamat menjaga kesehatan!

Baca juga artikel terkait lainnya:

Hati-hati, stres menyebabkan obesitas

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Beragam manfaat kayu manis bagi kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: manfaat.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment