Manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi Bayi dan Ibu

| Posted : 01 Jun 2015 | Ibu dan Anak, Tips Sehat No comments
Menyusui ASI newkidscenter

Menyusui ASI newkidscenter

Beruntunglah para Ibu yang dapat memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. Asi atau Air Susu Ibu wajib diberikan oleh Ibu setelah proses kelahiran bayinya. Masa menyusui ASI eksklusif ini terhitung sejak awal kelahiran hingga bayi usia enam bulan tanpa disertai pemberian konsumsi lainnya. Bahkan menurut WHO, pemberian ASI eksklusif ini ada baiknya dilanjutkan hingga anak usia 2 tahun. Selain baik bagi perkembangan anak, ternyata ASI juga baik untuk kesehatan sang Ibu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat dari ASI :

Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat ASI yang paling utama adalah mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. Bukan hanya kecerdasan otak saja, tapi kecerdasan mental anakpun dapat ditingkatkan dari bantuan ASI. ASI memliki zat khusus yang tidak dapat ditemukan pada susu formula manapun. Dan zat inilah yang menjadikan otak anak menjadi cerdas dan sehat. Hal ini dapat terlihat dari bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif akan berbeda dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula, baik dari kesehatan fisik, perkembangan fisik maupun kecerdasan otaknya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, dan dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh bayi. Dengan begitu bayi memiliki sistem perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit. Bayi yang diberikan ASI tidak mudah terserang penyakit jika dibandingkan dengan bayi yang hanya diberikan susu formula. Kekebalan tubuh anak susu formula akan lebih rendah dari anak ASI.

Produksi ASI momjunction

Produksi ASI momjunction

Terjamin Kwalitasnya

Berbicara mengenai mutu, ASI tidak perlu dikhawatirkan lagi selama kondisi sang Ibu dalam keadaan sehat dan prima. Air Susu Ibu ini keluar langsung dari tubuh Ibu tanpa terkontaminasi bakteri ataupun zat kimia lainnya. Hal inilah yang menjadikan mutu ASI berkualitas. Ditambah lagi karena ASI memiliki suhu yang standar serta mudah dicerna. Uniknya, ASI dapat mengikuti pertumbuhan bayi dengan merubah komposisinya secara otomatis, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. Berbeda dengan susu formala yang mempunyai tingkatan susu dalam setiap perkembangan anak berdasarkan usianya.

Mencegah Infeksi Usus

Kemampuan ASI dalam meningkatkan sistem imun atau kebalan tubuh bayi inilah yang berperan penting dalam membantu bayi mencegah terjadinya infeksi usus. Mengingat sistem pencernaan bayi masih rentan.

Membuat Ibu Sehat, Cantik dan Ceria

Selain bermanfaat bagi bayi, ternyata ASI juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi Ibu. Diantaranya adalah membuat kandungan dan perut bagian bawah lebih cepat kembali ke bentuk normal, lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil, hormon muda bertambah yang menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi. Pada masa ini juga, dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Selain itu, dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause, bahkan menurut statistik, menyusui juga dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause.

ASI healthimpactnews

ASI healthimpactnews

Meringankan Beban Pengeluaran Keluarga

Tidak dapat dipungkiri, dengan Ibu memproduksi ASI dan kemudian dikonsumsi bayi secara tidak langsung dapat meringankan beban pengeluaran keluarga. Tingginya harga susu formula yang beredar di pasaran saat ini dinilai sebagian masyarakat masih membebani. Terlebih susu formula dengan merk-merk import yang harganya jauh lebih tinggi dibandingkan harga susu buatan lokal.

Setelah melihat banyaknya manfaat dari ASI, maka jangan biarkan ASI Anda terbuang dengan percuma. Di dalam ASI bukan hanya ada nutrisi namun juga ada rasa kasih dan cinta seorang Ibu kepada anaknya. Berikan hak bayi akan ASI dengan kualitas baik demi perkembangan dan kecerdasaan anak kelak hingga dewasa. Namun sayangnya masih banyak ibu yang mengabaikan hal ini karena banyak kegiatan yang dilakukan, terlebih lagi jika bekerja dikantor. Mereka lebih memilih susu formula dibandingkan ASI, padahal jelas-jelas ada kandungan dari ASI yang tak dapat tergantikan dengan susu formula. Sebenarnya masih ada cara yang dapat dilakukan ibu meskipun bekerja tetapi tetap memberikan ASI. Contohnya saja memompa ASI dengan alat pemompa khusus ASI, namun tetap harus memperhatikan cara memerah ASI yang benar dan lama durasi penyimpanannya.

Mengenal Penyebab Penyakit Meningitis

Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan

Pentingnya Pendidikan Sex Pada Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : disehat dan bidanku

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment