Mandi dan Main Bisa Membantu Tumbuh Kembang Kecerdasan Otak Anak

| Posted : 25 Jun 2015 | Tips Sehat No comments

Pada usia balita, anak-anak memiliki potensi perkembangan otak yang sangat baik. Pada usia yang dijuluki sebagai golden period ini, sebagai orang tua Anda perlu memberikan stimulasi yang tepat pada anak karena pada masa ini otak anak sedang berkembang pesat.

anak

anak majalahkartini

Ada beberapa potensi penting yang perlu diperhatikan orang tua. Anak-anak di usia golden period ini perlu dilatih dalam hal komunikasi, emosi, kognitif, dan motorik.

Pada usia balita, anak-anak sebaiknya dilatih komunikasi dengan baik. Pada usia ini, balita mulai diajari melafalkan sesuatu sambil mengajaknya berinteraksi dengan seseorang. Cara ini akan mempermudahnya belajar kosa kata.

mengasah otak anak

mengasah otak anak gresik

Untuk pengelolaan emosi anak-anak Bali, orang tua musti mengambil peranan yang  bijak. Terutama orang tua sendiri juga perlu mengatur emosi di hadapan anak-anak agar tidak ditiru.

Di bidang kognitif, kemampuan anak balita juga perlu dilatih dalam hal mengembangkan cara berpikirnya. Latihan yang baik akan berpengaruh pada kecerdasan dan pengetahuannya di masa depan.

Kemudian, dalam kemampuan motorik, anak-anak balita mulai dikenalkan pada gerak kasar dan gerak halus agar kemampuan anak dalam melakukan gerakan dapat bekerja dengan baik. Misalnya anak-anak dilatih untuk beraktifitas memegang bola, memegang benda-benda kecil, dan halus seperti manik-manik atau bulu. Hal ini akan membantu kecerdasan otak kanan dan kiri berjalan seimbang.

Potensi-potensi dasar ini ternyata dapat dikembangkan dengan dua suasana yang unik. Yang pertama adalah saat mandi, kedua adalah saat main.

perkembangan otak anak

perkembangan otak anak katalogibu

Ketika mandi, orang tua dan anak bisa saling berinteraksi. Suasana yang rileks setelah mendapat sentuhan air dan sabun mandi yang wangi serta berkualitas dapat meningkatkan tingkat ketenangan otak. Saat itulah, Anda bisa mengajaknya berkomunikasi. Secara otomatis, bila interaksi ini berjalan seimbang dan rutin, kelima aspek kecerdasan otak anak di atas dapat berkembang dengan baik.

Sedangkan main, dapat membantu anak dalam hal pengembangan kemampaun sistim motorik kasar, halus, dan meningkatkan kognisi anak. Main sangat berperan penting dalam ketiga hal tersebut.  Di sini, orang tua sebaiknya menghindarkannya dari ‘jangan’ dan ‘tidak’ namun biarkan anak mengeskplorasi dan menyalurkan energinya yang berlebih. Tentu saja, Anda harus mengawasinya agar tidak melakukan sesuatu yang berbahaya.

Anda bisa membantu tumbuh kembang sistim motorik dan kognisi anak melalui permainan seperti main bola, origami sederhana, mobil-mobilan, dan lain-lain. semakin banyak mendapat stimulai, sistim otak anak akan semakin aktif dan berkembang dengan baik.

Selamat mencoba!

Baca juga tips lainnya seperti:

Agar si kecil tidak kekurangan serat

Mengenal siklus tidur anak

Tips memilih mainan plastik yang aman untuk anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: Tempo.co

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment