Mana yang Bikin Gemuk, Kentang atau Nasi?

Nasi

Nasi theofficeingenue.com

Apapun makanannya rasanya tetap tidak kenyang kalau belum mengkonsumsi nasi. Begitulah kiranya hal yang kerap didengar ataupun didengungkan banyak pihak. Meski demikian, sudah sejak lama pula Anda mendengar kabar bahwa kentang menawarkan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada nasi, apalagi bagi penderita diabetes. Namun benarkah informasi tersebut? Segera tambah pengetahuan Anda dengan beragam informasi terkait fakta menarik kentang versus nasi berikut ini!

Pertama ada satu hal yang wajib diketahui bahwasanya baik kentang maupun nasi merupakan sumber karbohidrat kompleks. Ini artinya kedua bahan makanan ini merupakan bakan utama pembentukan energi di dalam tubuh. Perbandingan kandungan gizi keduanya dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

Kandungan Gizi Kentang Nasi
Energi 93 Kcal 130 Kcal
Karbohidrat 21 gram 28,6 gram
Folat 28 mcg 58 mcg
Kalsium 15 mg 3 mg
Zat Besi 1,1 mg 1,5 mg
Vitamin C 9,8 mg 0 mg

Sumber: Femina.co.id

Dari data di atas terlihat bahwa keduanya sama-sama memiliki berbagai nutrien yang penting untuk tubuh. Perbedaan yang mencolok hanya terdapat pada kandungan vitamin C-nya saja. Selain itu kentang juga memiliki kandungan potassium yang tidak dimiliki oleh nasi. Dan jika dimakan bersamaan dengan kulitnya, makan dalam kentang akan terdapat kandungan zat gizi tambahan berupa serat.

Kentang

Kentang www.europatat.eu

Pada dasarnya 1 mangkuk nasi putih mengandung sekitar 200 kalori yang setara dengan 4 kentang rebus yang berukuran sebesar telur. Kemudian pertanyaan selanjutnya yang umum diperbincangkan adalah “Apa benar makan nasi dapat  membuat efek buruk pada tubuh?”. Jawabannya bukan benar atau salah, namun hal ini erat kaitannya dengan cara penyajian kedua sumber karbohidrat ini. Selain direbus, cara penyajian kentang yang baik adalah dikukus ataupun dibakar. Pun jika Anda menginginkan membuat mashed potato, Anda dapat mengganti mentega dengan susu rendah lemak. Namun tak jarang ika serang berada di tempat makan, kentang dijadikan alternatif cemilan seperti digoreng. Dengan penyajian yang demikian tentu saja akan meningkatkan kalori yang terkandung dalam kentang.

Begitu pula dengan nasi. Jika dibandingkan dengan nasi liwet biasa, tentu saja nasi yang digoreng atau dibuat nasi unduk akan menambah suntikan nilai kalori. Jika tidak digunakan untuk beraktivitas fisik seperti olahraga misalnya, maka kalori yang berlebih baik dari kentang maupun nasi akan disimpan tubuh menjadi lemak. Terkait indeks glikemik (IG)atau suatu kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah, kentang memiliki IG lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yaitu  70 dan 86. Jika ingin mengurangi kadar IG dalam konsumsi makanan harian Anda, beras merah dapat menjadi salah satu alternatifnya karena jenis beras ini memiliki IG yang lebih rendah dibandingkan kentang dan nasi yakni sebesar 55 saja. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Mie dan Nasi, Dua Kombinasi Karbohidrat Yang Perlu Diwaspadai

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com dan  femina.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment