Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Musim Hujan

Kubis

Kubis www.newsnish.com

Setiap musim sejatinya memiliki plus minusnya tersendiri. Begitu pula dengan musim hujan. Apapun musimnya, memperhatikan asupan gizi menjadi hal yang wajib dilakukan. Berikut merupakan daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama musim hujan.

Yang pertama adalah sayuran berdaun. Meski tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya, namun sebaiknya Anda menghindari konsumsi sayuran berdaun lebat. Apalagi mengkonsumsinya secara mentah. Faktor kelembapan yang meningkat saat musim hujan dapat menjadikan daun sebagai tempat berkumpulnya kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Karena itulah bayam, kubis dan kembang kol sebaiknya dihindari dulu selama musim hujan. Wah sayang sekali ya, padahal kubis merupakan bahan pelengkap bagi beberapa kuliner khas Indonesia seperti gado-gado dan sate kambing.

Jika ingin mengkonsumsi sayuran berdaun, pastikan Anda telah mencucinya hingga bersih lalu memasaknya hingga matang. Selain itu makanan laut juga sebaiknya dihindari selama musim hujan. Makanan laut yang tidak dimasak hingga matang dapat menyebabkan tubuh terkontaminasi bakteri dan kuman di musim hujan. Jika ingin mengkonsumsinya saat jajan, pastikan tingkat kematangan makanan laut. Dan jika ingin makan makanan laut yang mentah seperti sushi, pastikan memilih restoran yang memiliki kredibilitas yang baik. Jika ingin membeli komoditi laut untuk dimasak, pastikan Anda memilih ikan ataupun udang yang segar.

Saat musim hujan tiba, maka secara otomatis akan meningkatkan kelembapan udara. Padahal kenaikan tingkat kelembapan ini dapat memperlambat proses pencernaan dalam tubuh. Karena itulah saat musim hujan sebaiknya Anda mengurangi konsumsi gorengan. Jika dikonsumsi secara berlebih, gorengan dapat menyebabkan komplikasi seperti perut kembung serta rasa tidak nyaman pada pencernaan. Belum lagi rasa asin pada gorengan yang dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh. Jika ingin menikmati gorengan, tidak ada salahnya jika Anda memasaknya sendiri di rumah.

Soft Drinks

Soft Drinks www.thegoodshoppingguide.com

Konsumsi minuman bersoda saat musim hujan juga sebaiknya dikurangi. Ini tidak lain karena minuman bersoda terbukti dapat mengurangi kadar mineral dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim dalam tubuh. Kondisi yang demikian dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim di dalam tubuh. Selain itu usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu berat bagi pencernaan Anda. Usahakan pula untuk menjalani olahraga secara terautur. Meski tingkat kelembapan cenderung tinggi saat musim hujan, pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan air agar kesehatan dan sistem imun tetap terjaga.

Baca juga:

Penyakit yang Kerap Menyerang Selama Musim Hujan

Tips Olahraga Saat Musim Hujan Tiba

Menjaga Daya Tahan Tubuh Ketika Musim Hujan Tiba

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment