Makanan yang Diperlukan untuk Membentuk Otot Anda

Dada Ayam

Dada Ayam graigfarm

Badan yang berotot merupakan idaman sebagian pria. Selain sebagai simbol kejantanan, tak jarang wanita lebih tertarik pada pria berotot. Bahkan stigma ini tidak hanya muncul di dunia nyata saja. Di serial kartu ternama pun ada yang menampilkan tokoh dengan otot yang begitu aduhai. Karena itulah suplemen ataupun makanan yang bermanfaat membantu menjadikan tubuh semakin berotot makin mudah ditemukan di pasaran. Selain mengimbanginya dengan melakukan latihan dan istirahat yang cukup, Anda dapat mencoba aneka makanan penunjang berikut ini!

Pertama adalah dada ayam. Mungkin Anda sering mendengar pelanggan di resto ataupun kedai yang memesan dada saat menambatkan pilihan pada menu berbahan dasar ayam. Memang sejatinya semua jenis daging memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Namun demikian, harga yang ramah di kantong serta kemudahan mendapatkannya menjadikan ayam sebagai salah satu lauk favorit banyak orang. Ternyata dalam 100 gram dada ayam menawarkan protein sebesar 23 hingga 30 gram lho! Selain menjadi salah satu sumber protein hewani dengan kadar protein tinggi, bagian dada juga menawarkan sedikit lemak saja.

Selanjutnya ada ikan. Ikan terbukti ampuh dalam membentuk otot, melindungi otak dan jantung drai berbagai penyakit. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan dikenal bermanfaat untuk kesehatan jantung. Tuna dan salmon merupakan contoh ikan yang memiliki kadar protein yang tinggi yaitu sekitar 24 dan 20 gram/100 gram daging.

Sumber protein hewani tinggi protein lainnya ada pada telur. Sebutir telur menawarkan protein sebesar 3 gram. Selain itu telur juga juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk menghancurkan lemak. Hmm, menarik ya! Apalagi harga telur cenderung murah. Beragam makanan yang populer di Indonesia seperti gado-gado, siomay, pempek dan bakso pun menyertakan telur rebus sebagai bahan pelengkapnya.

Berbicara tentang telur, umumnya masih ada orang yang membandingkan antara telur ayam kampung dengan telur ayam negeri. Sebenarnya perbedaan keduanya hanya terletak pada besarnya bagian putih telurnya saja. Telur ayam negeri lebih banyak bagian putihnya, sedangkan telur ayam kampung lebih banyak bagian kuningnya. Soal harga, telur ayam kampung dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan anggaran bulanan Anda.

Beralih ke sumber protein hewani, Anda dapat memilih antara tahu, tempe ataupun kacang-kacangan. Dalam 100 gram tahu atau tempe mengandung 8 gram protein. Kedua makanan ini cocok dikonsumsi bagi penganut vegetarian. Ada banyak kelebihan kedelai sebagai sumber protein nabati. Selain tinggi kalsium yang diperlukan untuk mempertahankan kepadatan tulang dan membantu kontraksi otot saat latihan, kedelai juga menawarkan vitamin dan mineral yang bersifat sebagaiĀ  antioksidan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kitchenpops.wordpress

Selain itu Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati Anda. Selain mengandung protein yang baik untuk membangun otot, vitamin E, asam folat, serat, magnesium dan fosfor, bahan makanan ini juga menawarkan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi, makanan mana yang menjadi favorit Anda?

Baca juga:

Menggunakan Makanan Fermentasi Demi Kesehatan Kulit

Daftar Makanan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah

Tips Menjaga Keamanan Asupan Makanan pada Ibu Hamil

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment