Makanan yang Dapat Mengurangi Peradangan dan Rasa Nyeri

Salmon

Salmon pixabay

Selain karena penyakit, umumnya rasa sakit yang terjadi karena cedera. Tidak jarang obat pengurang atau penghilang rasa sakit menjadi salah satu pilihan untuk mengatasinya. Terkait hal ini, ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa komponen dalam makanan dapat secara spesifik meredam rasa sakit. Misalnya saja kandungan omega 3 yang dapat mengirimkan sinyal rasa sakit yang lebih sedikit sehingga dapat meredam rasa nyeri. Menarik bukan? Berikut penjelasan selengkapnya!

Salah satu bahan makanan yang ditengarai sebabai pengurang rasa nyeri adalah salmon. Selain menurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, kandungan omega-3 polyunsaturated fats yang ditengarai mampu mengurangi peradangan yang erat kaitannya sebagai sumber rasa nyeri. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Pain, Journal of the International Association for the Study of Pain menunjukkan bahwa omega 3 dapat bermanfaat sebagai alternatif terapi untuk penyakit nyeri sendi dan peradangan.

Ada lagi kunyit. Kandungan cucurmin pada kunyit telah dikenal luas sebagai antioksidan yang kuat. Penelitian secara klinis menunjukkan bahwa cucurmin pada penderita osteoarthritis bermanfaat sebagai anti peradangan. Penelitian terbaru lainnya juga menunjukkan bahwa ekstra cucurmin dapat mengurangi peradangan sendi dan kerusakan sendi lokal. Di Indonesia sendiri, kunyit telah lama dimanfaatkan sebagai bbumbu masakan hingga campuran jamu. Selain kunyit, rempah-rempah lain seperti jahe juga ditengarai mampu mengurangi peradangan.

Cherry

Cherry pixabay

Makanan lainnya adalah cerry. Kandungan anthocyanin pada cherry dapat memblokir peradangan dan menghambat pain enzymes dengan cara yang mirip dengan obat anti peradangan seperti aspirin. Ada lagi cabai. Sumber pedas yang mengandung capsaicin ini ternyata juga memiliki sifat anti inflamasi. Krim yang mengandung capsaicin ternyata dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan virus herpes, nyeri neuropatic dan juga osteoarthritis. Lebih lanjut lagi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang menangani riwayat kesehatan Anda.

Baca juga:

Manfaat Menarik Buah Jengkol

Kesalahan Saat Memasak yang Dapat Membuat Gemuk

Latihan untuk Mengusir Dagu Bergelambir

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.webmd.boots.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment