Makanan yang Berkhasiat Untuk Mencegah Leukimia

| Posted : 19 Dec 2014 | Tips Sehat No comments
dari penyakitkankerdarah.com

dari penyakitkankerdarah.com

Leukimia merupakan penyakit kanker darah yang sudah lama kita dengar. Penyakit ini menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang. Sumsum tulang dapat memproduksi sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. Sel darah putih berfungsi sebagai daya tahan melawan infeksi, sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, sedangkan platelet merupakan bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah.

Tanda-tanda leukimia menyerang tubuh ialah Anda mengalami pendarahan. Ketika sel pembeku darah tidak terproduksi dengan wajar maka penderita mengalami pendarahan pada jaringan kulit. Sel leukimia juga dapat terkumpul dalam organ ginjal, hati, dan empedu yang dapat menyebabkan pembesaran pada organ-organ tubuh dan menimbulkan nyeri. Nyeri perut ini dapat menimbulkan hilangnya nafsu makan, timbul pula nyeri tulang dan persendian karena sumsum tulang atau bone marrow terdesak oleh padatnya sel darah merah. Pasien leukimia juga bisa mengalami kesulitan bernafas dan sering mengalami nyeri pada dada. Apabila hal-hal tersebut terjadi pada Anda sebaiknya segera meminta pertolongan pada tim medis.

dari www.tokopedia.com

dari www.tokopedia.com

Untuk mencegah diri dari gangguan penyakit ini, sebaiknya sejak sekarang Anda menjaga kesehatan tubuh dan asupan gizi serta protein dalam tubuh. Hasil penelitian menyebutkan bahwa buah strowberry memiliki efek terapi yang baik untuk mencegah penyakit leukimia. Hal ini dikarenakan strawberry mempunyai dua macam zat yang terkandung di dalamnya yakni amine dan asam tanat yang memiliki efek dapat mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas. Buah strawberry juga  kaya akan gizi, banyak mengandung asam amino, monosakarida, asam sitrat, pectine, vitamin, dan kalsium.

Beberapa faktor makanan lain yang dianjurkan dalam pengobatan leukimia dikenal sebagai makanan yang antikanker atau antikarsinogen yaitu zat yang dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Zat ini tergolong sebagai antioksidan, misalnya vitamin A, C, E, dan selenium. Antioksidan dapat merangsang sistem imum tubuh untuk melawan radikal bebas dan membntuk karsinogen.

Makanan yang mengandung zat-zat bermanfaat di atas ialah bawang putih, tomat, brokoli, tempe, kacang kedelai, wortel, kubis, kol, jeruk, jambu biji, roti, produk susu seperti yogurt dan keju, ikan, terutama ikan laut dan kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut dapat menjadi sumber protein bagi tubuh.

 dari obatleukimia.bloginformasiteraktual.com

dari obatleukimia.bloginformasiteraktual.com

Beberapa makanan yang harus Anda hindari ialah makanan yang mengandung aspartam, pemanis buatan yang saat ini banyak terkandung dalam minuman ringan dan permen karet. Makanan lainnya ialah olahan daging seperti sosis, hot dog, hamburger, bacon ham, dan setiap daging yang diproses kemudian diawetkan. Ada beberapa bahan makanan yang mengandung lemak yang juga dapat memicu leukimia. Bahan-bahan makanan berlemak tersebut contohnya mentega, krim, margarin, minyak sayur, minyak kelapa, dan minyak jagung.

Memang saat ini sudah dikembangkan sebuah riset terbaru yang dapat mengatasi pertumbuhan leukimia, seperti obat Imetelstat. Obat ini sedang dalam tahap ujicoba di Laboratorium Riset Translasi Leukimia. Dikatakan bahwa obat ini dapat mencegah protein yang dibutuhkan oleh sel-sel induk inang untuk tumbuh berkembang dalam tubuh. Namun obat ini ditarik peredarannya dari Amerika Serikat oleh otoritas obat dan pangan setempat. Oleh karena itu, ada baiknya sejak sekarang, sebelum terkena penyakit ganas tersebut, Anda menjaga baik-baik pola konsumsi dalam tubuh Anda, dan manfaatkan buah strawberry sebagai terapi dalam tiap minggunya. Selamat bekerja!

Artikel terkait lainnya:

Tips memilih buah atau rempah dalam infused water

Infused water, cara baru menikmati air putih dengan cara yang menyenangkan

Hal-hal yang bisa disebabkan oleh kesemutan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dietrendahkalori.com

.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment