Makanan Anti Lemas Yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur Agar Badan Tetap Segar

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini berbagai makanan yang beredar di pasar  umumnya sudah diketahui kandungan nutrisinya. Karena hal inilah pakar nutrisi dapat memberikan rekomendasi makanan yang cocok dikonsumsi oleh seseorang sesuai dengan kondisi kesehatan ataupun aktivitas yang tengah dijalani, termasuk saat berpuasa. Berikut daftar makanan anti lemas yang baik dikonsumsi saat sahur!

Nasi Merah

Nasi Merah

Nasi Merah pixabay

Nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi putih sata sahur. Jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks akan lebih lambat dicerna oleh tubuh. Selain memberikan efek kenyang lebih lama, mengkonsumsi karbohidrat kompleks akan menghindarkan Anda akan terjadinya lonjakan kadar gula usai sahur.

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal pixabay

Selain nasi merah, oatmeal merupakan salah satu contoh karbohidrat komplek yang dapat mengekang nafsu makan Anda. Jika dibandingkan dengan kandungan gula pada sereal, oatmeal memiliki kandungan gula ynag lebih sedikit. Selain makanan kaya akan serat dan protein ini juga sangat mudah disajikan. Tinggal beri air panas, aduk rata lalu beri topping sesuai selera Anda.

Buncis dan kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan pixabay

Buncis dan kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang kaya serat, zat besi, antioksidan serta vitamin B yang dapat membuat rasa kenyang Anda lebih tahan lama, bahkan hingga beberapa jam kemudian. Selain itu kandungan zat besi pada dua makanan ini akan meminimalisir datangnya anemia.

Telur

Telur

Telur pixabay

Telur merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi masyarat Indonesia. Selain kaya akan protein, harga telur juga terjangkau hampir di semua kalangan. Agar kenyang lebih lama, pakar kesehatan merekomendasikan untuk menambah keju saat menyajikan telur.

Alpukat

Alpukat

Alpukat pixabay

Hasil studi Loma Linda University di California menyebutkan bahwa konsumsi alpukat sebelum jam makan siang dapat mengurangi rasa lapar dan meredakan keinginan ngemil. Selain itu konsumsi alpukat juga tidak menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah. Berbeda dengan konsumsi nasi, kentang ataupun roti. Karena itulah makanan ini juga cocok dikonsumsi saat sahur.

Jeruk

Jeruk

Jeruk pixabay

Ternyata seporsi jeruk kecil dapat membuat kita tetap berenergi. Selain itu, jeruk juga kaya akan serat dan vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B2 dan vitamin C yang dapat menjadi dopping alami saat berpuasa. Jeruk juga dikenal mampu meredakan gajala flu ringan, meningkatkan antibodi hingga mencegah terjadinya infeksi.

Baca juga:

Ingin Tetap Cantik dan Segar Saat Puasa? Berikut Tips Mudahnya!

Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Berpuasa

Tips Mengenalkan Puasa Pada Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment