Makan Siang Agar Tidak Mudah Gemuk

Jam Makan Siang

Jam Makan Siang pixabay

Makan siang merupakan salah satu aktivitas pengisi istrirahat yang dilakukan setiap hari. Selain untuk mengisi energi, istirahan makan siang juga dapat menjadi moodboster seseorang saat mengalami kebosanan. Berikut merupakan beberapa tips agar makan siang Anda mengenyangkan, tidak membuat gemuk dan juga memuaskan!

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengambil waktu makan siang yang tepat. Meski terkesan sepele namun hasil studi yang dilakukan selama 20 minggu yang diplubikasikan di International Journal of Obesity menemukan fakta yang cukup menarik. Meski jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi sama, namun orang yang makan siang di atas jam 3 sore menunjukkan kehilangan berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang makan siang sebelum jam 3 sore.

Terkait dengan hal ini, Cheryl Forberg, RD, ahli gizi dan koki The Biggest Loser mengemukakan bahwa makan setiap beberapa jam sekali penting untuk menjaga kadar gula darah dan juga tingkat energi seseorang. Isyarat rasa lapar pun disetel tubuh dengan ritme tertentu. Fonberg menyarankan untuk makan saat lapar namun tidak dalam kondisi kelaparan. Jam makan yang tepat juga dapat menghindarkan seseorang dari serangan rasa lapar berlebih.

Sarapan yang sehat dapat menahan rasa lapar tubuh selama empat jam. Jika sarapan umumnya dilakukan sebelum jam 9 pagi, otomatis tubuh akan merasa lapar di siang hari, tepatnya sebelum pukul 3 sore. Dawn Jackson Blatner, RD, penulis The Flexitarian Diet menambahkan bahwa jam makan siang terbaik ada sekitar empat hingga enam jam setelah sarapan. Jika diperlukan, Anda dapat mengganjal rasa lapar sebelum jam makan siang dengan mengkonsumsi snack sehat.

Makan Siang

Makan Siang pixabay

Selanjutnya perhatikan porsi makan siang Anda. Ibarat bahan bakar di siang hari, makan siang Anda wajib memenuhi beberapa komponen gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam satu porsi makan siang setidaknya mengandung 400 hingga 500 kalori. Komposisi yang disarankan Blatner adalah 25% (3-4 ons) protein, 25% (3/4 hingga 1 gelas) biji-bijian dan 50% (sekitar 2 cangkir) sayuran berwarna. Selain memberi efek kenyang yang menyehatkan, konsumsi gizi seimbang akan mengurangi potensi terjadinya kantuk usai makan siang.

Biji-bijian dapat menjadi sumber energi, protein untuk menjaga stamina dan kekuatan tubuh serta membuat kenyang. Sedangkan sayur menawarkan serat serta mineral dan vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh. Ada baiknya jika Anda juga melakukan survei sebelum menentukan lokasi makan siang Anda, baik pilihan menu maupun porsinya. Menurut penelitian dari University of Toronto menemukan bahwa rata-rata menu restoran menawarkan porsi makan yang mengandung 1000 kalori.

Baca juga:

Menyiapkan Sarapan yang Sehat

Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan

Makanan yang Diperlukan untuk Membentuk Otot Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.fitnessmagazine.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment