Latihan yang Bisa Dilakukan Karyawan Saat Jam Kerja

| Posted : 29 Sep 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Chair Knee Extension

Chair Knee Extension topworkoutreviews

Ada banyak tipe pekerjaan di dunia, salah satunya adalah pekerjaan kantoran yang mengharuskan karyawan untuk berada di kantor selama jam kerja. Dengan ritme kerja yang demikian tidak jarang karyawan akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk dan beraktivitas di depan komputer. Padahal duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan lingkar pinggang yang besar. Kondisi ini dapat menimbulkan resiko penyakit kardiovaskuler dan metabolik. Otot-otot yang kendur ketika seseorang duduk terlalu lama membuat jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal.

Penting untuk para karyawan, umumnya yang memiliki rutinitas bekerja di depan komputer agar senantiasa “bergerak” di sela-sela kesibukan. Penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise tahun 2014 lalu menyatakan bahwa berjalan-jalan selama 5 menit dapat mencegah menggumpalnya darah di kaki selama duduk. Bagaimanapun, tetap aktif ketika bekerja merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi segala resiko penyakit atau masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama.

Selanjutnya Anda juga dapat mencoba beberapa gerakan mudah yang memanfaatkan kursi kantor. Salah satunya adalah knee extension. Tahap pelaksanaannya tergolong sangat mudah. Pertama pisahkan jarak kedua kaki Anda selebar bahu. Letakkan kedua tangan di samping tubuh, lalu angkat kaki kanan lurus ke depan dan tahan selama 10 hingga 15 detik. Selanjutnya turunkan kaki ke posisi semula dan ganti dengan kaki kiri. Jangan lupa untuk menjaga agar tulang punggung selalu dalam keadaan lurus. Ulangi sebanyak 10 hingga 15 kali repetisi (pengulangan) untuk masing-masing kaki.

Anda juga dapat melakukan cat cow stretch. Sebuah gerakan olahraga lain yang bisa dilakukan dengan bantuan kursi. Pertama duduklah dengan punggung tegak. Lalu tarik nafas dan condongkan pinggang ke depan. Tahan selama 10 hingga 15 detik. Selanjutnya hembuskan nafas dan lengkungkan punggung ke belakang. Lakukan pengulangan sebanyak 10 hingga 15 kali dalam tempo yang lambat.

Cair Squat

Cair Squat popsugar

Terakhir, Anda dapat melakukan chair squat, sebuah gerakan olahraga yang tak kalah sederhananya dengan dua gerakan sebelumnya. Gerakan ini dimulai dengan berdiri di depan kursi. Selanjutnya lakukan gerakan jongkok secara perlahan dengan mengkontraksikan otot paha, panggul dan perut lalu berhentilah saat pantat mulai menyentuh kursi. Tahan posisi ini selama 2 hingga 5 detik, lalu Anda dapat kembali ke posisi semula. Anda dapat mengulangi gerakan ini selama 8 atau 10 kali.

Baca juga:

Tips Berolahraga yang Baik untuk Jantung

Makanan yang Mengganggu Kesehatan Ginjal

Menelisik Manfaat dan Resiko Minum Jus untuk Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment