Kopi Bisa Membuat Anda Panjang Umur

Anda yakin kalau kopi merupakan salah satu minuman sehat di planet ini? Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi dapat berumur panjang dan kopi juga memiliki kemampuan menurunkan resiko penyakit alzheimer dan diabetes.

Kopi

Kopi pixabay

Para peneliti telah memastikan, kopi merupakan salah satu sumber antioksidan yang juga mengandung banyak senyawa untuk melindungi Anda dari berbagia macam penyakit kronis. Ada kandungan antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari oksidasi dan radikal bebas yang dapat merusak molekul dalam tubuh. Oksidasi diyakini menjadi salah satu mekanisme dibalik penuaan dan penyakit kronis pada umumnya seperti kanker dan penyakit jantung.

Kopi menjadi sumber terbesar antioksidan. Orang-orang barat percaya hal tersebut apalagi peneliti telah mengonfirmasinya. Oleh karena itu, budaya minum kopi juga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sehari-hari masyarakat barat.

Dengan demikian, penelitian menyimpulkan bahwa orang-orang yang minum kopi dapat hidup panjang umur daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Orang yang minum kopi memiliki resiko yang lebih rendah untuk meninggal akibat berbagai penyakit kronis.

Bahagia

Bahagia pixabay

Salah satu hasil penelitian terbesar yang telah diterbitkan ialah di New England Journal of Medicine pada tahun 2012, ada sekitar 402.260 orang berusia antara 50 sampai 71 tahun ditanya apakah mereka mengonsumsi kopi secara rutin di kehidupan sehari-hari mereka. Hasilnya, setelah mengikuti orang-orang tersebut selama 12 sampai 13 tahun, ditemukan mereka yang minum kopi secara signifikan memiliki resiko yang lebih kecil kemungkinan untuk meninggal karena penyakit kronis.

Bahkan peminum kopi yang hanya satu cangkir per hari ternyata dapat menurunkan 5-6 persen resiko kematian. Secangkir kopi dapat memberikan efek yang besar pada kehidupan seseorang bahkan seseorang dapat terhindar dari mudahnya terkena infeksi, cedera akibat kecelakaan, penyakit pernapasan, stroke, dan penyakit jantung. Ditemukan pula bahwa peminum kopi memiliki resiko jauh lebih rendah terserang alzheimer, parkinson, dibetes tipe dua, dan penyakit hari.

Ada banyak penelitian yang membahas efek minum kopi. Penemuan di atas berkait erat dengan kondisi kopi. Kopi yang dimaksud bukanlah kopi instan ya, sebab kopi instan memiliki kandungan pengawet yang tentu saja Anda sudah mengetahui resikonya.

Secara umum pengawet makanan dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka pendek seperti kesulitan bernafas, iritasi kulit, infeksi sistem pernafasan, diare, rasa terbakar di tenggorokan, mual dan muntah, sakit kepala, dan kekurangan vitamin B1. Pengawet makanan juga dapat menyebabkan kesehatan jangka panjang seperti kerusakan jantung, kerusakan ginjal, penyakit leukimia, penyakit diabetes, kanker otak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hindari kopi instan, kopi yang memiliki manfaat baik untuk Anda adalah kopi murni, yakni kopi yang diolah dan dipasarkan tanpa ditambahi dengan bubuk pengawet. Lebih bagus lagi bila Anda bisa mendaptkan biji kopi sendiri dan memasaknya sendiri di rumah. Kopi yang masih segar seperti itulah yang memiliki kandungan manfaat baik untuk tubuh.

Bagi para pecinta kopi, perhatikan kesehatan Anda baik-baik ya! Baca juga informasi lainnya seperti:

Waktu yang tepat untuk minum kopi dan teh

Kopi, baik atau buruk untuk kesehatan?

Manfaat teh hitam untuk kesehatan

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthyfoodteam.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment