Kopi Berbahaya untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi baru menunjukkan, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi kopi karena kopi dapat membuatnya mendapatkan serangan jantung secara tiba-tiba.

kopi

kopi healthygaylifestyles

Para peneliti dari Italia setelah mengumpulkan data selama 12 tahun tentang kesehatan jantung sekitar 1.200 orang dewasa mendapatkan sebuah kesimpulan yang bagus. Kesimpulan ini berkaitan dengan hubungan penderita tekanan darah tinggi dan kopi.

Para peneliti mengatakan pasien yang memiliki darah tinggi bila mengonsumsi kopi detak jantungnya menjadi tidak beraturan. Terutama para peminum kopi berat. Pasien dengan sakit jantung diketahui beresiko tinggi terhadap kafein sehingga harus mengurangi pola konsumsinya bahkan lebih baik jika tidak mengonsumsinya sama sekali.

Apabila pasien tidak memiliki tekanan darah tinggi, kafein sebenarnya tidak masalah untuk peminum. Namun karena pasien memiliki darah tinggi, maka kafein membuat sirkulasi darah menjadi tidak normal. Inilah yang dapat menimbulkan stroke, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi, risiko terserang penyakit ini lebih tinggi di antara peminum kopi berat dan tiga kali lebih tinggi pada peminum kopi moderat. Peminum kopi moderat didefinisikan sebagai peminum kopi dengan ukuran satu hingga tiga cangkir minum berkafein per hari.

Tes Darah

Tes Darah benchmarkreporter

Peneliti mengakui, ada kontroversi seputar minum kopi ini. Terutama efek minum kopi pada metabolisme tubuh seseorang dengan hipertensi. Seseorang dapat memperoleh kebaikan dan keburukan kopi nampaknya memang selalu terkait dengan riwayat kesehatan seseorang. Seperti kasus-kasus yang lain, seseorang yang pernah terkena maag tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi karena dapat merusak kondisi lambung dan ususnya, juga dapat meningkatkan asam lambung. Sehingga kandungan kafein dalam kopi bisa memperparah kesehatan seseorang.

Seseorang dengan penyakit jantung juga tidak disarankan untuk meminum kopi karena kandungan kafein dapat membuat detak jantung tidak teratur. Itu menyebabkan dada berdebar-debar lebih keras.

Melihat potensi berbahaya dari kopi, peneliti kemudian mendorong gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur. Menjaga asupan nutrisi dengan baik dan mengatur konsumsi kopi. Para peneliti yang terdiri atas para dokter tersebut menyarankan untuk mengonsumsi kopi tidak lebih dari tiga cangkir per hari.

Baca juga informasi kesehatan lainnya seputar kopi seperti:

Waktu yang tepat untuk minum kopi dan teh

Kopi, baik atau buruk untuk kesehatan?

6 cara sederhana menggunakan kopi untuk kulit bersih dan rambut kuat

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: msn.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment