Kiat Mencegah Mabuk Saat Liburan

Ilustrasi Mabuk

Ilustrasi Mabuk www.onemedical.com

Kemanapun liburan seseorang tidak akan lepas dari perjalanan dan alat transportasi. Sayangnya bepergian menggunakan alat transportasi baik darat, laut ataupun udara sering menyebabkan kondisi mabuk atau yang dikenal dengan motion sickness. Berikut beberapa kiat untuk mencegah mabuk saat liburan! Semoga bermanfaat!

Sebenarnya kondisi mabuk sendiri disebabkan karena gangguan koordinasi antara pusat saraf di otak dengan panca indera, utamanya indera penglihatan. Mabuk juga dapat terjadi karena gerakan kendaraan yang tidak teratur atau stabil. Selain itu membaca buku saat di perjalanan ternyata juga dapat memicu kondisi mabuk. Makan terlalu banyak ataupun sebaliknya, bepergian dalam keadaan perut yang masih kosong juga dapat menjadi penyebab terjadinya mabuk.

Saat perut kososng, makan lambung akan memproduksi asam lambung dalam jumlah berlebih. Sebaliknya makan yang berlebihan dapat menyebabkan perut terasa penuh. Kondisi demikian dapat merangsang mual dan muntah. Karena itu makan secukupnya merupakan aktivitas penting yang wajib dilakukan sebelum memulai perjalanan. Baik itu perjalanan dekat ataupun perjalanan jarak jauh.

Gejala mabuk perjalanan yang umum terjadi adalah mual dan muntah. Selain itu pusing atau sakit kepala, keluarnya keringat dingin, kulit yang terlihat pucat serta kelelahan yang berlebihan juga merupakan gejala lain yang kerap mengiringi seseorang saat mengalami motion sickness. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi jahe atau peppermint saat di perjalanan. Produk olahan jahe terbukti dapat mencegah gejala mual dan muntah saat mabuk perjalanan. Kini jahe dan peppermint banyak diolah menjadi minuman ataupun permen.

Ilustrasi Mabuk

Ilustrasi Mabuk www.womenshealthmag.com

Selain itu memilih posisi duduk yang tepat saat bepergian ternyata dapat meminimalisir kondisi mabuk. Jika Anda bepergian menggunakan kapal atau pesawat, usahakan memilih tempat duduk di bagian tengah kapal atau pesawat. Meski terlihat sepele, namun hal ini ternyata dapat mengurangi gejala muntah karena pergerakan badan kapal atau pesawat. Jika Anda memilih menggunakan kereta api, ambilah posisi yang menghadap ke depan dan berada dekat jendela. Jika perjalanan Anda menggunakan mobil atau bus, duduk di dekat supir merupakan hal yang dapat meminimalisir terjadinya mabuk.

Selanjutnya, duduk dengan santai ataupun mencoba tidur saat perjalanan dapat mencegah terjadinya mual dan muntah. Selain itu Anda dapat melakukan gerakan mengepal dan melemaskan jari kaki dan tangan secara berulang dapat menaikkan peredaran darah. Nah, untuk menghilangkan pusing ringan Anda dapat melakukan pijat jemari dan telapak tangan.

Baca juga:

Tips Liburan Bagi Traveller Penderita Diabetes

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Kesalahan Saat Memasang Baby Car Seat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.tanyadok.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment