Ketombe, Ragam Penyebab dan Cara Menanggulanginya

| Posted : 13 Dec 2014 | Kecantikan, Tips Sehat No comments
www.healthtap.com

www.healthtap.com

Ketombe adalah hal sepele namun sering menyusahkan bukan? Apalagi jika sedang memakai busana berwarna hitam. Kotoran mungil ini tentu akan merusak penampilan Anda bukan? Nah, berikut kami sajikan beberapa alternatif menghilangkan ketombe secara alami. Yuk simak segera informasinya!

Pada dasarnya ketombe merupakan pengelupasan berlebihan sel kulit mati dari kulit kepala. Sel kulit mati ini biasanya menumpuk di kulit kepala. Dan ketika digaruk perlahan saja, “salju” putih ini akan berjatuhan di sekitar area punggung Anda. Jika sedang memakai busana hitam, tentu warna putih kecil yang berjatuhan ini akan sangat kelihatan bukan? Meski sel kulkit mati dan mengelupas itu adalah hal yang biasa, namun pada sebagian orang terjadi hal yang berlebihan atau dikenal denhan nama ketombe. Dan jika disertai kemerahan dan iritasi maka ketombe dapat merupakan gejala dermatitis seboroik atau psoriasis.

Namun selain merupakan hal alami yang terjadi di kulit kepala, ketombe juga dapat disebabkan oleh beragam hal. Apa saja? Pertama adalah kulit berminyak. Lapian minyak yang berlebihan pada kulit kepala yang mengering , menebal dan menjadi serpihan dalam benytuk ketombe. Hal kedua tidak lain adalah keringat. Bagi pecinta olahraga, keringat tentu merupakan salah satu hal yang tidak dapat dicegah. Jadi jika Anda satu dari jutan pengggemar olahraga, maka keramaslah minimal setelah rambut sudah kotor ataupun lepek. Yang ketiga adalah jamur. Para ahli menghubungkan antara ketombe dengan infeksi jamur Pytosporum ovale dan jamur Mallassezia sebagai faktor pencetus terjadinya kelainan pada kulit kepala. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seseorang berketombe mengalami pelepasan sel kulit kepala lebih cepat dibanding orang normal.

www.huffingtonpost.com

www.huffingtonpost.com

Selain itu, ada pula beragam faktor lain yang menyebabkan munculnya ketombe seperti sampo yang tidak sesuai dengan kondisi dan jenis rambut, bilasan saat keramas yang kurang bersih, stres dan gangguan hormon. Jika Anda memiliki ketombe jangan sekali-kali mengabaikannya karena dapat membuat pertumbuhannya menjadi semakin banyak. Seperti yang telah diketahui, ketombe dapat menyebabkan rasa gatal sehingga akan merangsang untuk menggaruk kepala. Garukan yang kuat dapat menyebabkan kulit kepala terluka sehingga rentan terhadap infeksi.

Jika kondisi ketombe Anda masih ringan, Anda dapat meningkatkan frekuensi keramas Anda dengan sampo anti ketombe yang ringan. Jika perlu, keramaslah setiap hari untuk mengendalikan pertumbuhan ketombe. Tak usah bingung, Anda dapat memilih sampo antiketombe yang mengandung zinc pyrithione (zpt). Kandungan zat ini mempunyai efek antibakteri dan antijamur sehingga dapat mengurangi timbulnya serpihan kulit dan meredakan rasa gatal. Satu yang perlu diingat, gunakan sampo khusus ini seperlunya saja karena cenderung berefek kuat. Jangan lupa untuk membiarkan sampo ini minimal lima menit sebelum dibilas. Dalam penggunaannya, Anda juga dapat menyelingi pemakaian sampo khusus ini dengan sampo biasa sehingga jika ketombe sudah hilang Anda dapat beralih ke sampo biasa. Bye-bye ketombe!

Baca juga:

Masker Kacang Hijau, Alternatif Masker Minimalis untuk Para Ladies

Air Bilasan Beras Untuk Perawatan Tubuh

Beragam Manfaat Bunga Mawar Untuk Menjaga Kecantikan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: majalahkesehatan.com dan tabloidsehat.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment