Kenali Ciri Kanker Payudara di Sini!

www.vemale.com

www.vemale.com

Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 27 Oktober mungkin banyak wanita di sekitar Anda yang memakai baju pink dengan atau tanpa pita di dada sebelah kanan. Mungkin masih banyak pula yang belum tahu kalau di hari tersebut merupakan hari pencegahan kanker payudara, sebuah penyakit yang masih bertengger menjadi momok menyeramkan karena merupakan penyakit kanker no 2 yang paling banyak menyebabkan kematian setelah kanker leher rahim.

Sayangnya hampir 85% pasien dengan penyakit payudara datang memeriksakan diri ke rumah sakit setelah berada dalam kondisi stadium lanjut. Padahal jika ditemukan sedari awal, tingkat harapan kesembuhan pasien tentu akan lebih besar pula. Lalu bagaimana untuk menemukan kanker payudara sedini mungkin? Ada dua pilihan yang didasarkan oleh umur si wanita. Pertama, wanita dengan usia di bawah 35 tahun disarankan untuk melakukan USG payudara dan yang berumur di atasnya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mammografi setahun sekali.

relawanyappika.wordpress.com

relawanyappika.wordpress.com

Selain itu, ada pula cara yang mudah tanpa biaya yang bisa dilakukan untuk mendeteksi gangguan payudara. Cara tersebut tidak lain adalah SADARI, singkatan dari periksa payudara sendiri yang rutin dilakukan setiap bulannya. Jika ditemukan tanda kanker payudara, maka segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat. Pertanyaan selanjutnya tentu bagaimanakah tanda kanker payudara itu sendiri?

Tanda ini tidak lain adalah teraba benjolan pada area sekitar payudara. Benjolan ini seringkali tidak menimbulkan rasa nyeri. Kedua, terdapat perubahan tekstur pada kulit payudara Anda dimana kulit mengeras dengan permukaaan menyerupai kulit jeruk. Tanda ketiga adalah terdapatnya luka di area payudara yang tidak kunjung sembuh. Tanda keempat tentu adalah keluarnya cairan dari puting payudara. Dan tanda terakhir adalah terdapatnya cekungan ataupun tarikan pada kulit payudara. Mudah bukan ladies?

 www.lovelytoday.com

www.lovelytoday.com

Meski setiap orang memiliki resiko untuk terkena kanker payudara. Namun demikian ada golongan wanita yang memiliki faktor resiko lebih tinggi terkena kelainan yang satu ini. Siapa saja meraka? Pertama adalah wanita yang tidak menikah, tidak hamil dan tidak menyusui. Kedua tentu wanita dengan riwayat tumor payudara jinak. Ketiga adalah wanita yang memiliki garis keturunan ibu yang menderita kanker payudara. Garis keturunan ibu ini bisa ibu, bibi ataupun saudara perempuan. Yang keempat adalah wanita yang menggunakan KB hormonal, baik itu pil ataupun suntik. Wanita yang sering mengkonsumsi makanan berlemak juga termasuk golongan wanita beresiko lebih tinggi terkena kelainan ini. Selain itu wanita yang mengalami menstruasi pertama di bawah usia 12 tahun atau perempuan yang menopause di atas usia 50 tahun juga memiliki resiko yang lebih tinggi lho ladies! Be healthy ladies!

Baca juga:

Ciri – Ciri Payudara yang Menarik

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Bentuk Payudara

Ciri Payudara Sehat pada Remaja

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: blog.awalbros.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment