Kenali Bahaya Gangguan Tidur Apnea

Apa itu apnea? Apnea merupakan sebuah gangguan tidur yang paling sulit terdiagnosis di dunia. Gangguan tidur seperti ini merupakan gangguan tidur paling berbahaya.

Tidur

Tidur calibermag

Kenapa demikian? Karena apnea merupakan gangguan tidur di mana terjadi suatu kondisi pada tubuh yang merampas lebih dari 20 juta orang Amerika ketika mereka beristirahat saat malam.

Apnea, berasal dari bahasa Yunani yang artinya tanpa napas. Kurang lebih berarti apnea merupakan kondisi gangguan tidur di mana Anda kesulitan benafas secara tiba-tiba di malam hari. Tubuh Anda mengalami kolaps, padahal sebelumnya, Anda baik-baik saja. Kesulitan bernafas di tengah-tengah tidur nyenyak Anda tentunya akan membuat Anda berjuang keras agar dapat bernafas di tempat tidur. Kalau Anda gagal mendapatkan kembali jalan bernafas, kematianlah yang akan terjadi.

Bahaya ini tidak hanya bisa menyerang ketika Anda tidur di malam hari, namun gangguan ini juga bisa menyerang di siang hari. Akan tetapi, pada umumnya, kasus yang dijumpai selama ini, apnea lebih sering menyerang seseorang di malam hari.

Bagaimana cara mengenali potensi apnea pada diri Anda? Gejala utamanya adalah Anda mendengkur saat tidur. Mendengkur merupakan tanda awal bahwa ada masalah pada saluran pernafasan Anda. Pada titik ini, Anda harus berhati-hati, lebih baik segera periksakan kondisi mendengkur Anda tersebut kepada dokter ahli. Jangan sampai terlambat, sebab akibatnya bisa fatal.

Agar Anda lebih waspada, perhatikan irama dan suara dengkur orang di sekitar Anda. Seseorang dengan gangguan tidur berupa apnea pada umumnya dengkurannya tidak biasa, suaranya bisa amat keras, sampai-sampai bisa mengganggu sekitarnya. Dengkuran yang keras ini semakin membuktikan kalau jalur pernafasan Anda tersumbat oleh sesuatu.

Ilustrasi Tidur

Ilustrasi Tidur esmmweighless

Mendengkur bisa terjadi pada semua orang di dunia ini. Sayangnya, tak semua orang mendengkur disadari sebagai sebuah gejala apnea. Gejala lain yang dapat menjadi salah satu tanda-tanda masalah apnea pada tidur Anda ialah kantuk di siang hari dan merasakan lelah setiap hari. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda kesulitan bernafas, karena mengantuk di siang hari terutama di luar jam tidur siang membuktikan bahwa kandungan oksigen dalam darah di tubuh Anda sangat kurang. Apalagi jika Anda sampai mudah lelah, ini juga membuktikan kadar gula darah dalam tubuh Anda sebagai pembangkit energi juga kurang. Masalah ini bisa berefek pada fungsi pernafasan.

Kurang lebih, masalah ini bisa meningkatkan resiko apnea menyerang Anda saat tidur. Agar kondisi ini tidak semakin parah dan Anda bisa tidur dengan nyenyak, pergilah berobat. Lakukanlah terapi yang terkait dengan tidur. Para ahli menyarankan, agar Anda juga mengambil jadwal rutin untuk berolahraga. Sebab gangguan tidur berupa apnea ini juga terkait erat dengan resiko serangan jantung dan hipertensi yang sangat tinggi.

Baca juga info kesehatan lainnya:

Autisme karena bayi lahir dengan berat badan yang rendah, mitos atau fakta?

Alternatif pengobatan spider veins

Ternyata polusi asap dapat menurunkan kecerdasan anak lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment