Kenali 7 Tanda Jantung Tak Sehat

| Posted : 24 Oct 2014 | Tips Sehat 2 Comments
dari www.teruskan.com

dari www.teruskan.com

Jantung adalah otot terkuat dalam tubuh kita dan ketika gagal untuk bekerja dengan baik, hal itu dapat memicu gejala sakit terhadap organ tubuh lainnya. Apabila Anda melihat seorang lelaki memegang dada lalu kemudian jatuh ke lantai hingga kehilangan kesadaran secara mendadak, mungkin dia sedang terkena serangan jantung.

Berikut merupakan tujuh tanda jantung yang tak sehat agar Anda dapat bereaksi dengan benar dan tepat.

Anda mengalami disfungsi ereksi

Seseorang yang mengalami disfungsi ereksi memiliki resiko besar untuk menderita sakit jantung. Hal ini dikarenakan arteri menyempit dan membatasi aliran darah ke penis. Wanita dengan aliran darah terbatas ke zona genital akan memiliki masalah dengan pencapaian orgasme atau orgasme menjadi kurang memuaskan.

dari sidomi.com

dari sidomi.com

Anda mendengkur saat tidur

Hal ini terjadi karena aliran udara terbatasi untuk masuk ke dalam dada selama tidur. Ini bisa menjadi pertanda bahwa jantung Anda dalam masalah. Orang yang memiliki sleep apnea (keadaan di mana bernafas berhenti untuk beberapa saat secara singkat sehingga menimbulkan dengkuran) memiliki resiko tiga kali lebih besar terkena serangan jantung dalam lima tahun ke depan.

Gusi berdarah

Saat gusi berdarah, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter gigi. Tanyakan, apakah gusi berdarah Anda merupakan tanda awal jantung Anda dalam keadaan tidak sehat. Mengapa harus demikian? Karena beberapa studi menunjukkan ada hubungan antara bakteri yang menyebabkan peradangan gusi dan buildups plak di arteri koroner. Hubungan ini mungkin hasil dari reaksi tubuh terhadap peradangan yang sebelumnya telah diremehkan. Oleh karena itu, jangan remehkan gusi yang berdarah. Setiap penyakit gusi dapat menyebabkan peradangan dan masalah dengan sirkulasi darah. Anda harus memeriksanya secara teratur  bila sudah terjadi dan jangan lupa kunjungi juga dokter ahli jantung Anda.

dari unikcopas.blogspot.com

dari unikcopas.blogspot.com

Pergelangan kaki dan tangan Anda terlalu bengkak

Hal ini terjadi mungkin karena Anda memakai sepatu yang terlalu ketat dan ada tanda melingkar bekas kaus kaki Anda merupakan tanda bahwa Anda memiliki masalah retensi cairan. Masalah retensi cairan dapat menjadi tanda awal dari serangan penyakit jantung. Retensi cairan terjadi ketika jantung Anda tidak memompa cukup kuat dan konsekuensinya darah tidak menghilangkan unsur-unsur racun yang terbawa oleh jaringan sel darah. Kondisi ini juga disebut edema dan biasanya dimulai dari pergelangan kaki, jari, dan tangan.

Detak jantung tidak teratur

Jika detak jantung Anda terasa berdetak tidak teratur, misalnya kadang terlalu cepat, berdebar terlalu keras, atau bahkan terkadang melewatkan beberapa ketukan. Semua itu merupakan tanda awal dari penyakit arteri koroner dan akhirnya dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Detak jantung tidak teratur terjadi ketika aliran darah ke jantung dibatasi.

Nyeri di dada

Nyeri ini terjadi karena plak yang menumpuk di arteri koroner. Jantung dibiarkan tanpa darah yang cukup karena plak dan oleh karena itu jantung menjadi bekerja dibawah tekanan. Menurut penelitian, seseorang dengan kondisi seperti ini sangat disarankan untuk istirahat setiap mereka merasa nyeri di dada atau bahu. Anda disarankan untuk mengonsumsi obat yang mengandung nitrogliserin dapat melemahkan arteri dan karenanya dapat meningkatkan suplay darah ke jantung.

Sesak napas

Hal ini dapat menjadi tanda awal serangan sakit jantung atau paru-paru yang tidak sehat. Gejalanya ditunjukkan dengan adanya tekanan di dada dan paru-paru sehingga saat Anda mengambil nafas terasa sangat tidak nyaman. Jika gejala ini memburuk, ini berarti Anda memiliki masalah dengan jantung. Hal ini terjadi karena jantung melemah dan tidak cukup mampu untuk memompa oksigen dalam darah Anda. inilah sebabnya mengapa Anda merasa seperti telah berlari ratusan meter saat Anda menarik nafas.

Mual, kurang nafsu makan, lemah, dan sering berkeringat juga merupakan beberapa gejala yang menunjukkan Anda menderita sakit jantung. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Anda memeriksakan kesehatan jantung Anda saat gejala-gejala tersebut Anda rasakan.

Selamat menjaga kesehatan Anda!

Artikel terkait

Kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu penyakit jantung

Mengurangi rasa lapar dengan cara yang sehat

Manfaat pohon kersen untuk kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: thehealthlane.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email
Comments
  1. Posted by Tips Kesehatan dan Kecantikan
  2. Posted by Tips Kesehatan dan Kecantikan

Add Your Comment