Kebiasaan Buruk yang Kerap Dilakukan di Musim Dingin

Sunblock

Sunblock chri.olhblogspace

Musim dingin merupakan salah satu musim yang kerap diidamkan wisatawan penduduk beriklim tropis. Namun dibalik semua keindahan pemandangan dan salju yang ditawarkan, terselip beberapa kesalahan yang ujungnya menjadi kebiasaan buruk yang berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit seseorang. Apa saja kiranya? Yuk simak bersama!

Kesalahan pertama yang kerap dilakukan adalah menggunakan produk berbasis alkohol. Produk yang dimaksud di sini bukan hanya produk kecantikan saja seperti toner ataupun obat jerawat, namun juga pada produk yang digunakan sehari-hari seperti hand sanitizer. Alkhohol merupakan salah satu komponen dalam beragam produk pembersih ataupun oil controlling. Meski memiliki sifat kesat, namun alkohol dapat menghidrasi kulit yang dapat membuat kulit menjadi kering. Belum lagi peran dari beragam faktor lingkungan lainnya seperti paparan suhu dingin, udara kering ataupun pemanas ruangan yang kerap digunakan saat musim dingin tiba.

Kesalahan berikutnya yang kerap dilakukan adalah melewatkan perlindungan suncreen untuk kulit Anda. Meski peran matahari terlihat berkurang saat musim dingin tiba namun pengaruh buruk sinar matahari tetap ada, bahkan dalam kondisi berawan sekalipun. Jika Anda melewatkan perlindungan tabir surya ini, bisa jadi garis, keriput, bintik-bintik hitam karena usia hingga kulit kendur atau bahkan melanoma. Karena itu jangan lupakan perlindungan tabir surya ya, bahkan di musim dingin sekalipun!

Selain wajah, perhatikan pula kesehatan bibir Anda. Angin dingin di luar ruangan dan hawa panas yang daa di dalam ruangan dapat “menguras” lapisan pelindung alami yang ada pada bibir Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan pelembab yang cocok dengan kondisi bibir. Selain itu untuk melindungi bibir dan mengobati bibir pecah-pecah Anda dapat mengoleskan petroleum jelly. Untuk perlindungan yang lebih baik Anda dapat mencoba produk pelembab yang memiliki kandungan SPF. Oiya, jangan lupa untuk selalu menghindari menjilat bibir ya! Enzim yang terdapat pada air liur dapat menyebabkan iritasi, pembengkakan atau dapat pula membuat bibir menjadi pecah-pecah.

Mandi Air Panas

Mandi Air Panas pixabay

Selain itu, ada satu lagi kebiasaan buruk yang sering dilakukan sata musim dingin. Apa lagi kalau bukan berendam di air panas dalam jangka waktu yang lama. Apapun alasannya sebaiknya Anda membatasi diri untuk berendam selama 5 hingga 10 menit saja, Bagaimanapun juga air panas dapat menghabiskan minyak alami dari permukaan kulit sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Meski terlihat sepele, namun kondisi yang demikian akan lebih rentan terkena eksim. Bagaimana dengan kebiasaan Anda?

Baca juga:

Mengatasi Kulit Kering di Musim Dingin

Serba-Serbi Alergi Dingin

Apa Sih Manfaat Bulu-bulu Tubuh Bagi Kesehatan?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.prevention.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment