Kebiasaan Buruk Pemicu Keriput

Keriput

Keriput playbuzz

Kini keriput bukan lagi momok bagi wanita saja, namun pria juga. Meski merupakan bagian dari penuaan, namun tak ada yang mengharapkan datangnya keriput di wajah. Beragam perawatan pun dilakukan untuk menghindari masalah yang satu ini. Sayangnya beberapa kebiasaan berikut ini ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya keriput. Apa saja? Simak di sini!

Pertama adalah kebiasaan merokok. Selain kepulan asap yang kurang sedap, merokok merupakan penyebab paling umum timbulnya keriput. Jadi jika ingin meminimalisir timbulnya keriput maka jauhilah kebiasaan merokok. Jauhi pula lingkungan dengan asap rokok. Apapun alasannya, menjadi perokok pasif juga tak kalah berbahayanya dengan perokok itu sendiri.

Selain merokok, kebiasaan makan juga dapat menjadi pemicu terjadinya keriput. Apalagi jika Anda makan terlalu banyak gula ataupun makanan tinggi glikemik. Keriput bisa datang karena proses glikasi. Sebuah proses dimana molekul gula akan menempel pada protein, termasuk kolagen pada kulit. Selain dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas wajah, proses glikasi juga dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus.

Parahnya lagi, gula dan karbohidrat sederhana lainnya juga dapat memicu peradangan di seluruh tubuh yang menyebabkan meroketnya kadar insulin yang diproduksi. Peradangan ini dapat menghasilkan enzim pemecah kolagen dan elastin. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput.

Selain itu minuman beralkohol juga dapat menyebabkan timbulnya keriput. Perlu diketahui bahwasanya alkohol memiliki sifat hepatotoxin atau dapat merusak hati. Alkohol tidak lain merupakan racun bagi sel yang melakukan detoksifikasi pada tubuh. Semua alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bahkan toner berbasis alkohol sekalipun. Jika berlangsung dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan hilangnya elastisitas kulit.

Keriput

Keriput community.healthywomen

Oiya, ternyata tidak melakukan exfoliating juga dapat mengundang datangnya keriput lho! Proses exfoliating akan menghilangkan kotoran, kelebihan minyak serta sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Bagaimanapun juga penumpukan ketiganya dapat membuat wajah terlihat lebih tua dan keriput. Namun demikian tetap perhatikan cara melakukan exfoliating dengan benar ya! Pilih pula cream exfoliating yang bersifat abrasif. Meski bermanfaat, jangan terlalu sering melakukannya ya! Terlalu sering exfoliating dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Kebiasaan tidak menghapus make up sebelum tidur juga dapat mengundang keriput. Make up dan dan polusi lingkungan yang menumpuk saat beraktivitas dapat meresap ke pori-pori. Hal ini  dapat mempercepat proses penuaan serta meninggalkan garis-garis halus dan kerutan. Karena alasan inilah sebaiknya Anda menghindari tidur dengan yang masih menempel di wajah.

Baca juga:

Aneka Perawatan Anti Aging Terkini Kaum Hawa

Perlukah Menggunakan Make Up Saat Pergi ke Gym?

Cara Lembut Menghapus Make Up, Maskara dan Waterproof Eyeliners

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dailymakeover.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment