Keajaiban Drama Untuk Kesehatan Mental

dari attinssi.blogspot.com

dari attinssi.blogspot.com

Ada sebuah terapi khusus yang lebih mengedepankan proses tumbuh kembang secara alami, yakni terapi drama untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Thailand. Anda pasti heran, mengapa kelas drama atau teater ini bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus?

Kegiatan drama atau teater adalah kegiatan kolektif yang memerlukan kesetiaan, kedisiplinan tinggi, rasa tanggung jawab, dan kerjasama yang baik. Dengan demikian, tidak mustahil bahwa anak-anak yang terlibat akan tertanam dalam-dalam sikap dan perilaku gotong-royong dalam rangka mencapai tujuan hidup. Manfaat lainnya dalam drama ialah menumbuh kembangkan kesadaran kompetisi secara sehat, yang berbuah pada dorongan untuk selalu mau dan mampu berusaha tampil secara optimal dalam sesi casting.

dari triciptamedia.com

dari triciptamedia.com

Drama juga cukup besar kontribusinya dalam menumbuhkembangkan pengetahuan dan kepandaiannya, misalnya dalam kecakapan berbahasa, sastra, irama, menghilangkan tabiat malu, dan mampu berekspresi secara lepas. Selain itu, dengan drama anak-anak dapat belajar untuk menyanyi, cara mengungkapkan kemauannya, menggunakan tenaganya untuk kebaikan, belajar sopan santun, dan lain-lain.

Dengan menggauli drama secara intensif, anak-anak tanpa dipaksakan telah memasuki pesan-pesan dan nilai-nilai kehidupan masyarakat yang terkandung dalam drama. Drama sebagai karya seni memiliki nilai bentuk, inderawi, pengetahuan, dan kehidupan.

 dari www.kartunet.or.id

dari www.kartunet.or.id

Oleh karena itu, dalam sesi terapi drama yang ada di Rumah Sakit Samai Sirithongthawon, Songkla, Thailand, mampu mengubah anak-anak berkebutuhan khusus yang tadinya tak mau bicara, mengalami Cerebral Palsy, dan lain-lain. Rumah Sakit Samai Sirithongthawon, menerima pasien berkebutuhan khusus tersebut kemudian mengajak mereka berinteraksi dalam sesi drama. Hasilnya anak-anak yang tadinya tak mampu bicara kini dapat bernyanyi dan berekspresi di atas panggung. Mereka bahkan sudah bisa tersenyum, dan bergaul dengan Anda bila Anda mau datang berkunjung. Kemampuan berbahasa mereka pun dari hari ke hari semakin meningkat berkat terapi drama.

Untuk Anda yang ingin membuktikannya langsung, silahkan saja bergabung dengan berbagai kelompok teater di Indonesia. Di negara kita ada banyak sekali kelompok teater, yang terkenal seperti kelompok teater garasi, salihara, gandrik, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Jika ingin langsing ikuti diet ini

Gaya makan yang dapat usir jerawat

Ternyata rice cooker bisa digunakan untuk membuat cake apple

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.portalkbr.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment