Kalori yang Dibakar Saat Berada di Kantor

Berdiri

Berdiri pixabay

Bagi orang yang sedang menjalani diet, tentu kalori merupakan salah satu kata yang senantiasa ingin segera dibuang. Dan ternyata, meski tidak sedang melakukan kegiatan apapun kalori senantiasa dibakar dengan sendirinya. Hal ini dikenal dnegan sebutan basal metabolic rate. Berdiri sekitar satu atau dua jam ternyata dapat membakar kalori dengan jumlah yang mengejutkan. Penasaran? Yuk intip segera informasi menarik berikut ini!

Seperti yang telah diketahui bersama, duduk terlalu lama ditengarai sebagai salah satu aktivitas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah resiko peningkatan penyakit kanker ataupun diabetes tipe 2. Meski terkesan sepele, namun menggantikan duduk dengan berdiri saat berada di kantor terntyata memiliki manfaat yang cukup mencengangkan. Posisi berdiri dapat memberi tambahan kalori pada basal metabolic rate yang dibakar oleh tubuh. Menarik bukan?

Meski terkesan sepele, namun jika dipikir-pikir lagi bisa jadi Anda kebingungan mau mengisi apa satu hingga dua jam saat berdiri di kantor. Anda dapat berdiri saat menerima telepon dari klien ataupun saat mengetik menggunakan komputer ataupun laptop. Intinya hanyalah pembagian waktu saja. Jika dibilang aneh oleh teman sekantor, Anda dapat menimpalinya dengan “bosan duduk” atau kalimat pendek sejenisnya.

Pertanyaan selanjutnya tentu mengenai jumlah tambahan kalori yang didiapatkan saat berdiri bukan? Berikut informasi selengkapnya!

Jam Kalori yang dibakar saat duduk Kalori yang dibakar saat berdiri
1 100 130
2 200 260
3 300 390
4 400 520
5 501 650
6 601 780
7 701 910
8 801 1040

Tabel Perbandingan Pembakaran Kalori (JustStand.org)

Berdiri

Berdiri pixabay

Tabel perbandingan pembakaran kalori yang didasarkan pada orang dengan yang memiliki berat badan sebesar 130 pon. Berdasarkan tabel di atas, semakin lama Anda berdiri, akan meningkatkan jumlah kalori tambahan yang dibakar oleh tubuh. jadi meski terkesan tidak praktis, tidak ada salahnya untuk mencoba menyelingi jam kerja Anda dengan posisi berdiri.

Baca juga:

Menengok Manfaat Segarnya Air Ketimun

Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kesalahan Cara Mengkonsumsi Protein

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment