Ini Dia triknya Agar Beras Di Dapur Bebas Dari Kutu

photo from  www.kaskus.co.id

photo from www.kaskus.co.id

Kendala menyimpan beras adalah munculnya kutu sehingga merusak kualitas beras. Lalu Anda menjadi kesusahan dalam memilah beras dan akhirnya beras tersebut dibuang dalam keadaan belum diolah, apa tidak sayang untung membuangnya? Walaupun telah menggunakan kotak yang khusus, namun serangan kutu beras sering tak dapat dihindari. Dan Anda pun sering dibuat bingung, bagaimana sih caranya agar beras di dapur terhindar dari kutu yang tidak enak dilihat itu? Nah untuk mengatasi kutu tersebut, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Masukkan 50 gram daun jeruk purut yang sudah ditumbuk ke dalam 10 kg beras. Sesekali buka tempat penyimpanan beras agar beras tak berbau apek. Dengan daun jeruk purut, beras akan terbebas dari kutu dan punya aroma yang harum ketika dimasak.
  2. Campurkan beras bersama 2-3 tangkai daun asam jawa yang telah dibersihkan atau dikeringkan ke dalam tempat penyimpanan beras.
  3. Daun belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai penangkal kutu di tempat penyimpan beras. Masukkan 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang sudah dibersihkan dan dikeringkan ke dalamnya.
  4. Masukkan beberapa batang lada kering ke dalam campuran beras. Ini juga bisa mengusir kutu.
  5. Masukkan 1-3 buah cabai kering ke dalam beras. Aroma cabai kering yang menyengat akan mencegah kutu beras datang kembali. Jangan lupa tutup kotak penyimpan dengan rapat, dan simpan di tempat kering dan sejuk.

    photo from akalgue.blogspot.com

    photo from akalgue.blogspot.com

Anda bisa mencobanya dan membuktikan sendiri apakah benar kutu-kutu tersebut akan hilang. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya:

Perbandingan Beras Berdasarkan Warnanya

Nasi Putih, Nilai Gizi serta Manfaatnya

Makanan yang Dapat Membuat Tambah Cerdas

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dreamersradio.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment